Home Palu Untad Tingkatkan Kemampuan Peserta KBP

Untad Tingkatkan Kemampuan Peserta KBP

81
FOTO BERSAMA - Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr. Lukman Nadjamuddin foto bersama saat pembukaan kelas persiapan ujian kemampuan bahasa prancis di Palu, baru-baru ini. (Foto: Dok Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) melalui International Office meningkatkan kemampuan peserta Kelas Bahasa Prancis (KBP) dalam rangka persiapan tes DELF pada awal Maret mendatang. Tes DELF merupakan sebuah ajang perlombaan sejenis toefl khusus bahasa Prancis yang digelar oleh Warung Prancis-Untad.

Untuk meningkatkan kemampuan peserta, International Office (IO) Universitas Tadulako menggelar kelas persiapan ujian kemampuan bahasa prancis yang diikuti oleh 8 mahasiswa Untad dan 26 siswa/i MAN 2 Model di Palu, baru-baru ini.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr. Lukman Nadjamuddin M.Hum didampingi Kepala IO, Prof. Ir. Marsetyo. Narasumber dihadirkan asal Institut Français d’Indonésie (IFI) Surabaya, Sri Wahyuni yang mengajarkan kelas bahasa prancis level A1 kepada para peserta.

Warung Perancis Manager di IO Untad, Happy Puspitasari, menuturkan pembukaan KBP level A1 sebagai persiapan sebelum tes DELF pada 2 Maret mendatang. Selain itu, sekaligus kelas perdana level A1 yang pernah dilakukan IO Untad sebagai langkah awal agar peserta yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perancis telah memiliki basic ilmu yang tersertifikasi.

“Untuk kelas A1 adalah tahap beginner dan C2 adalah tahapan master dalam bahasa perancis. Kelas dilaksanakan dari pukul 08.00 – 16.00 WITA,” jelasnya.

Diharapkan kedepannya, Kelas Bahasa Perancis berlevel tidak berhenti hanya di level A1 saja namun bisa lanjut sampai ke tahap level C2.

“Selama ini kami baru sebatas mempromosikan beasiswa studi ke Prancis untuk Mahasiswa namun belum ke tahap persiapan bahasa prancis yang tersertifikasi untuk mereka. Semoga dengan adanya kelas ini, dapat semakin membuka kesempatan untuk peserta melanjutkan pendidikan ke Prancis melalui persiapan bahasa prancis dari level A1 sampai C2,” tandas Happy.

Adapun mahasiswa yang mengikuti kelas ini berasal dari beberapa fakultas yang terbentuk sebagai kelompok ‘Banua Prancis’ yang pernah menjadi volunteer dalam kegiatan Warung Prancis Untad. Untuk diketahui, salah satu syarat untuk melamar kerja/studi lanjut di Prancis yaitu harus memiliki sertifikat DELF secara bertahap dari A1 hingga C2.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here