Home Ekonomi New Tatura Mall Ditargetkan Rampung Satu Setengah Tahun

New Tatura Mall Ditargetkan Rampung Satu Setengah Tahun

123
DIBANGUN BARU - Walikota Palu, Drs Hidayat MSi meletakkan batu pertama pembangunan New Tatura Mall, Kamis 20 Februari 2020. Pembangunannya ditarget selesai dalam satu setengah tahun. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam Satu setengah tahun (18 bulan) ke depan Mal Tatura akan kembali hadir dengan nama baru “New Tatura Mall”. Peletakan batu pertama pembangunannya telah dilakukan Wali Kota Palu, Drs Hidayat di Kelurahan Tatura, Kota Palu, Kamis 22 Februari 2020.

Wali Kota Hidayat mengungkapkan rasa syukurnya usai melakukan peletakan batu pertama mal tersebut. Setelah melewati bencana besar, ternyata Kota Palu masih sanggup membangun kembali Mal Tatura.

Ia berharap kehadiran New Tatura Mall tersebut nantinya bisa mendorong ekonomi masyarakat di Kota Palu dan bisa betul-betul dimanfaatkan oleh UKM lokal.

’’Jangan cuman yang besar. Ini bisa jadi mal rakyat. Ada konten untuk makro dan mikro,’’ terangnya.

Terkait dengan kebutuhan tenaga kerja, Wali Kota menekankan akan memprioritaskan tenaga kerja lokal yang punya kompetensi. Untuk memenuhi kebutuhan itu, pihaknya akan memprogramkan karyawan lokal yang dilatih.

’’Akan dibuat pelatihan kepada mereka. Mereka tidak termanfaatkan selama ini, karena tidak memiliki kompetensi. Kita akan berikan pelatihan nanti secara bertahap. Pokoknya kita prioritaskan tenaga lokal,’’ jelasnya lagi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Citra Nuansa Elok (CNE) pengelola New Tatura Mall, Muhammad Sandiri, mengatakan, mal yang baru ini akan dibangun berbeda dengan mal sebelumnya. New Tatura Mall akan dibuat berlantai tujuh. Dua lantainya, lantai I dan II berada di bawah tanah.

Bangunan New Tatura Mall diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp325 miliar. Dana tersebut bersumber dari pembayaran dana asuransi dari bangunan sebelumnya yang runtuh akibat gempa, sebagian dari tenant dan dari perbankan.

’’Jadi sumber pendanaan kita selain dari asuransi, juga dari tenant dan perbankan,’’terangnya.

Memet mengatakan, pembangunan gedung New Tatura Mall ditargetkan bisa selesai selama 18 bulan atau satu setengah tahun. Selain tempat para tenant, kantor, di mal itu juga akan disediakan media center.

‘’Kita targetkan selesai selama 18 bulan. Tapi kalau bisa lebih cepat,’’tambahnya.

Menyinggung soal karyawan, Sandiri yang akrab disapa Memet ini menyebutkan, selain akan merekrut karyawan lokal juga akan merekrut kembali karyawan Mal Tatura yang sempat di-PHK pascagempa bumi 28 September 2018 lalu.

Peletakan batu pertama New Tatura Mall selain dihadiri Sekkot Asri SH dan pejabat Forkompimda Kota Palu, juga hadir sejumlah tokoh masyarakat, pimpinan bank dan tokoh agama.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here