Home Palu Dana Stimulan Bagi 1.000 KK Masih Berproses

Dana Stimulan Bagi 1.000 KK Masih Berproses

128
Singgih Budi Prasetyo. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu,  Singgih Budi Prasetyo, mengatakan, saat ini BPBD Palu sedang memproses dana stimulan 408 Kepala Keluarga (KK), sementara dana stimulan yang sudah selesai disalurkan 728 KK.

“Jadi sekitar 1.000 penerima dana stimulan sedang kami proses,” kata Singgih, di ruang kerjanya, Kamis, 20 Februari 2020.

Singgih mengatakan, pengertian sedang proses itu adalah kelengkapan berkas warga penerima dana stimulan sudah ada semua di BPBD, yang jumlahnya sekitar 1.000 lebih, sementara yang ada di lapangan saat ini masih bergerak.

“Yang kami sedang proses ini warga yang dokumen-dokumennya sudah lengkap, tinggal dana itu disalurkan  ke buku rekeningnya,” katanya.

Kata Singgih, proses penyaluran dana stimulan, pertama, dibuatkan dulu SK penetapan, kemudian dibukakan buku rekening, setelah itu dikembalikan lagi ke BPBD, baru diusulkan ke bagian keuangan untuk disalurkan.

“Penyaluran yang kami maksud belum cair, tetapi uang itu sudah ada di buku tabungan para warga penerima stimulan itu, dan buku itu saat ini ada di kami. Nanti pada saatnya akan kita serahkan ke masyarakat untuk digunakan,” ujarnya.

Singgih mengatakan, yang sudah disalurkan dana stimulannya ke rekening penerima sudah mencapai 728 KK, sementara 408 KK masih proses.

“Kemungkinan minggu depan ada semacam acara seremonial, penyerahan buku tabungan kepada para penerima stimulan, dan penyerahan itu akan dilakukan langsung Pak Wali Kota Palu,” ungkapnya.

Singgih mengatakan, yang paling banyak bermasalah dalam kepengurusan dana stimulan adalah surat bukti kepemilikan lahan. Olehnya itu, bagi masyarakat yang mempunyai masalah itu, tolong segera di urus, agar cepat selesai.

“Saya berharap masyarakat jangan menunggu menyelesaikan permasalahan terkait bukti kepemilikan lahan, karena saat ini pihak kelurahan cukup banyak mengeluarkan surat keterangan lahan itu, dan hal itu kita akui, karena masalah itu cukup menumpuk, maka dari itu saya berharap masyarakat bisa proaktif dalam mengurus masalah berkasnya,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here