Home Palu Agussalim-Jefry Wagiu Penuhi Dukungan KTP

Agussalim-Jefry Wagiu Penuhi Dukungan KTP

161
Pasangan Agussalim-Jefry Wagiu menjadi pasangan pertama yang mengkonfirmasi segera memasukan daftar dukungan KTP sebagai syarat maju di Pilkada Kota Palu lewat jalur perseorangan. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu sejak 19 Februari hingga 23 Februari 2020, membuka penerimaan berkas dukungan khusus calon perseorangan untuk Pilkada Kota Palu September 2020. Hingga saat ini, KPU Kota Palu baru menerima konfirmasi dari pasangan Agussalim-Jefry Wagiu yang akan memasukkan dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Komisioner KPU Kota Palu, Iskandar Lembah, mengatakan, sesuai informasi dari LO bakal calon Agussalim-Jefry Wagiu berkas dukunga dari masyarakat yang di buktikan dengan KTP segera disampaikan ke KPU. Itu menjadi syarat wajib bagi bakal calon yang memilih jalur perseorangan.

“Informasi yang disampaikan ke KPU oleh LO Agussalim-Jefry Wagiu, saat ini pasangan tersebut sudah menginput sekitar 21.960 dukungan dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Berdasarkan syarat minimal yang ditetapkan, jumlah itu sudah melebihi, karena batas minimal untuk Kota Palu yaitu 21.396 KTP,” tutur Iskandar.

Meskipun demikian, KPU akan melakukan verifikasi, baik secara sistem maupun turun langsung kelapangan untuk menemui seluruh yang memberikan dukungan.

“Saat ini kami menerima dulu seluruh berkas yang akan dimasukkan pasangan calon jalur perseorangan. Setelah jadwal ini selesai, kami akan seluruhnya dan sensus untuk menemui satu persatu pemilik KTP,” tutur Iskandar.

Walaupun tahapan pemasukan berkas sudah berjalan dua hari, tetapi sejauh ini KPU baru menerima konfirmasi dari pasangan Agussalim-Jefry Wagiu.

“KPU Kota Palu memberikan dua username kepad dua bakal pasangan calon yaitu Agussalim-Jefry Wagiu dan Zainuddin Tambuala-Nursalam. Namun dalam tahapan pemasukan berkas dukungan ini, kami baru menerima konfirmasi dari pasangan Agus-Jefry,” ungkap Iskandar.

Karena tahapan pemasukan berkas hingga 23 Februari 2020, KPU Kota Palu akan menerima siapa saja yang bakal maju lewat jalur perseorangan.

“Untuk username KPU tetap berikan kepada masyarakat yang berniat maju lewat jalur perseorangan, sebelum tahapan pemasukan berkas dukungan selesai. Jika batas akhir sudah lewat, maka KPU tidak lagi memberikan username. Jadi, kalau ada masyarakat Kota Palu yang berminat lewat jalur perseorangan, silakan sampaikan ke KPU untuk mendapatkan username guna penginputan di Silon,” ujar Iskandar.

Sejauh ini, tim KPU Kota Palu terus stand by menerima pasangan jalur perseorangan. Selain tim KPU, tim Bawaslu Kota Palu juga stand by di KPU Kota Palu untuk mengawasi jalannya tahapan.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here