Home Poso Poso Ajak Touna Kerja Sama Promosikan Pariwisata

Poso Ajak Touna Kerja Sama Promosikan Pariwisata

87
Darmin Agustinus Sigilipu. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.id – Guna mendongkrak kunjungan wisata di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, perlu dijalin kerja sama antara kabupaten dalam hal promosi wisata.

Kerja sama ini penting seiring dengan pertumbuhan sektor pariwisata yang cukup pesat. Selain itu, prinsip kerja sama semua kabupaten harus bisa hidup bersama, maju bersama, sejahtera bersama serta saling mendukung.

Demikian penegasan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu saat sambutan Rakornis Pariwisata se Sulteng yang berlangsung Selasa malam 18 Februari 2020 bertempat di hotel Danau Poso, Tentena Kecamatan Pamona Utara.

Bupati Darmin mengungkapkan, ada beberapa daerah di Sulteng memiliki kemiripan dalam hal potensi wisata.

Ada potensi wisata buatan, alam, religi dan wisata minat khusus.

Meski memiliki kemiripan, namun tidak saling bersaing dalam merebut pangsa pasar wisatawan. Semua telah memiliki segmen sendiri-sendiri, kalau Poso memiliki wisata Danau Poso di Tentena, wisata keindahan laut di Togean Kabupaten Tojo Unauna termasuk wisata alam dibeberapa kabupaten di Sulawesi Tengah.

“Kami rasa perlu melakukan terobosan dengan melakukan upaya promosi wisata bersama. Kami yakin, dengan promosi bersama akan efisien dan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan, dengan promosi bersama dan dilakukan secara gencar serta besar-besaran, maka kami yakin akan mampu mengundang wisatawan datang ke Sulteng pada umumnya, serta  wilayah yang bakal kerjasama pada khususnya,” tegas Darmin.

Darmin mengungkapkan, kunjungan wisata khususnya di Poso dari tahun ke tahun terus meningkat ,hal ini tentu berdampak pada peningkatan PAD, bahkan lebih dari itu, lapangan pekerjaan terbuka,maka dengan sendirinya pertumbuhan perekomian masyarakat tercipta.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah Drs  I Nyoman Sariadijaya menyambut baik upaya promosi bersama dalam rangka mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

“Kami menyambut baik upaya promosi wisata secara bersama , kerjasama promosi wisata  akan mampu mensinergikan upaya pengembangan pariwisata di masing-masing kabupaten,” kata Nyoman.

Dirinya mencontohkan Poso dan Tojo Unauna merupakan kabupaten yang bersebelahan dan perlu menjalin kerja sama dalam berbagai hal, termasuk dalam sektor pariwisata. 

Semua daerah memiliki keunggulan masing-masing, dan jika saling disinergikan bisa menjadi kekuatan yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Kami sependapat, promosi wisata merupakan bagian yang terbesar dari upaya menarik wisatawan. Meski dengan dana promosi wisata yang relatif kecil jika dibanding dengan daerah lainnnya di luar Sulawesi, namun bisa mendapat kunjungan wisatawan lebih besar. Hal ini tentu jika disinergikan bersama dan didukung penambahan dana promosi yang lebih besar sehingga bisa melakukan terobosan promosi di berbagai event,” kata  I Nyoman Sariadijaya.

Reporter: Syaipul Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here