Home Politik

Ilyas Nawawi Serahkan Dukungan KTP ke KPU Sigi

294
Bakal pasangan calon, Ilyas Nawawi dan Uhut Hutapea menyerahkan berkas dukungan KTP kepada KPU Sigi. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi melaksanakan tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sigi tahun 2020. Tahapan ini dimulai 19-23 Februari 2020.

bakal pasangan calon Ilyas Nawawi dan Uhut Hutapea menjadi yang pertamanya menyerahkan berkas dukungan KTP sebagai syarat maju lewat jalur perseorangan.

Ilyas dan Uhut datang ke KPU Sigi bersama tim pemenangan, Rabu 19 Februari 2020 sekitar pukul 10.30 Wita. Bakal pasangan calon ini diterima seluruh komisioner KPU Sigi.

Ilyas Nawawi ditemui usai menyerahkan persyaratan mengatakan, dirinya sangat optimis lolos dalam tahapan syarat dukungan untuk bakal pasangan calon perseorngan.

“Yang sudah terinput di Silon (Sistem Informasi Pencalonan) 19.000. Selanjutnya kami akan sinkronkan Silon dengan fisik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sigi, Hairil, mengatakan bahwa untuk maju ke jalur perseorangan bakal calon harus mengumpulkan data pendukung minimal 16.411 minimal dari 8 Kecamatan.

“Kami sudah menentukan 10 persen dari DPT jadi batas minimumnya 164.105. Jadi setiap paslon harus menyerahkan dukungan minimal 16.411 degan sebaran minimal di 8 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten Sigi,” ungkapnya.

Hairil menambahkan, ada 4 calon perseorang yang akan menyerahkan syarat dukungan di KPU Sigi, namun belum bisa di tentukan waktu penyerahan syarat dukungannya.

“Kami harap bakal pasangan calon dapat memaksimalkan waktu tahapan penyerahan syarat dukungan bapaslon perseorangan,” harapnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas