Home Ekonomi 615 UMKM di Sigi Terima Bantuan

615 UMKM di Sigi Terima Bantuan

131
Samuel Yansen Pongi. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pelaku usaha UMKM di Kabupaten Sigi berjumlah 30.000 dan yang terdampak bencana pada September 2018 silam mencapai 3.006 pelaku usaha. Namun, pelaku usaha yang sudah terbantu oleh Pemerintah maupun NGO sudah 615 pelaku usaha.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi, Samuel Yansen Pongi, saat ditemui Metro Sulawesi di ruang kerjanya, Selasa, 18 Februari 2020.

Menurut Yansen, dari 615 pelaku usaha yang terbantu, hampir sebagian sudah bangkit secara mandiri. Tetapi sebagian masih di interfensi dengan program.

“Ada yang kita bantu dengan bantuan uang dari bantuan kementerian, kemudian ada dari wirausaha pemula, itu uang tunai. Kemudian bantuan peralatan dari kementerian desa dan dari APBD sendiri,” ujarnya.

Kata Samuel, hasil pantauan pendamping usaha Dinas Koperasi dan UMKM Sigi, sebagian besar pelaku usaha yang dibantu, sebagian besar berjalan normal.

“Ada yang betul-betul setelah dibantu, belum signifikan keberhasilannya. Tetapi akan terus kami pantau melalui sarjana pendamping usaha. Yang jelas monitoring kami lakukan rutin setiap bulan ke teman-teman pelaku usaha,” ungkapnya.

Samuel menambahkan, ada juga masyarakat yang beralih profesi untuk mata pencariannya, yang sebelumnya menjadi petani sekarang sudah menjadi tukang dan sebagainya.

“Contohnya di daerah Mpanau, Jono Oge, Lolu dan Sidera. Mereka dulunya petani, karena tidak teraliri air dari gumbasa karena bencana, sekarang mereka kami alihkan menjadi tukang dan buka bengkel sebagai mata pencarian sementara. Dan sebelumnya kita lakukan pelatihan,” katanya.

“Namun pelaku usaha yang sebelumnya membuka bengkel atau usaha air isi ulang dan terdampak bencana, ya kita bantu dengan barang sesuai peralatan usaha mereka,” tambahnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here