Home Politik PRD Putuskan Dukung Calon dari Nasdem di Pilkada

PRD Putuskan Dukung Calon dari Nasdem di Pilkada

169
Foto bersama Komite Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Demokratik (PRD) Provinsi Sulawesi Tengah usai menggelar rapat koordinasi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komite Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Demokratik (PRD) Provinsi Sulawesi Tengah telah selesai melakukan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang dilaksanakan di Aula Wisma Cokelat Halimun Kabupaten Banggai.

Agenda Rakorwil tersebut mengusung tema Perkuat Organisasi, Bangun Ekonomi Songsong Pemilu 2024. Menurut Ketua PRD Kota Palu Azman Azgar, tema ini sengaja diangkat sebagai bentuk kesiapan sekaligus konsolidasi semua struktur partai yang sudah terbentuk di beberapa kabupaten/kota dalam mempersiapkan PRD ikut kontestasi Pemilu 2024.

Selain membahas hal-hal yang strategis tentang perluasan organisasi dan kemantapan ekonomi, kegiatan rakorwil juga membahas situasi ekonomi dan politik Provinsi Sulawesi Tengah.

“Pemilihan gubernur (Pilgub) yang akan digelar beberapa bulan kedepan juga menjadi poin penting yang masuk dalam agenda pembahasan rakorwil. Dari beragam tanggapan dan pandangan komite pimpinan kabupaten/kota Partai Rakyat Demokratik di masing-masing daerah, kontestasi pemilihan gubernur mengerucut ke pasangan Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir yang di usung oleh Partai NasDem,” ungkap Azman Azgar dalam keterangannya, Minggu 9 Februari 2020.

Kata dia, keputusan bloking politik kepada pasangan Rusdy-Ma’mun tidak serta merta lahir begitu saja, tapi lahir dari musyawarah dan perdebatan atas situasi ekonomi politik dari masing-masing daerah.

PRD dan Rusdy Mastura sebenarnya punya sejarah di pentas pemilu elektoral sebelumnya, pertimbangan secara politik serta programatik kemandirian menjadi hal paling mendasar dalam lahirnya keputusan bloking politik kali ini.

Politik divestasi, Participating interest (PI) menjadi dua hal dari beberapa gagasan programatik yang jadi indikator pilihan ke pasangan Rusdy-Ma’mun. PRD secara organisasi ikut terlibat dalam proses perjuangan Participating interest 10 persen di sektor migas.

“Proses PI ini harus terus dikawal dan diperjuangkan, Rusdy-Ma’mun merupakan pasangan yang diharapkan bisa menuntaskan gagasan PI 10 persen yang dulu ikut diperjuangkan oleh Partai NasDem,” katanya.

Bagi PRD, gagasan seperti itu merupakan satu dari banyak hal paling fundamental, sebab berhubungan langsung dengan optimalisasi pendapatan daerah disektor SDA yang kita miliki.

“Konsistensi, komitmen serta gagasan visioner dari seorang Rusdy Mastura kami yakini bisa melakukan hal-hal kemandirian bagi daerah, bagaimanapun Sulawesi Tengah butuh ide-ide “gila” yang adaptif dan kompatibel dengan gerak perkembangan zaman dari seorang pemimpin, itu bisa dilihat dari gagasan-gagasan yang coba ditawarkan oleh Rusdy Mastura,” jelas dia.

“Pilihan bloking politik terhadap Rusdy-Ma’mun juga bisa linear dengan kerja-kerja politik Aristan di Kota Palu yang sebelumnya juga diputuskan oleh PRD secara keorganisasian. Dua figur ini, merupakan figur yang punya sejarah keberpihakan yang jelas.”

Keputusan Rakorwil ini nantinya akan diikuti dengan kerja-kerja kongkret di beberapa kabupaten/kota yang sudah terbentuk struktur Partai.

Kegiatan Rakorwil tersebut di hadiri beberapa struktur inti Kabupaten/kota, mulai dari Kabupaten Donggala, Sigi, Palu, Morowali, Poso, Ampana, Banggai, dan Kabupaten Buol. Selain struktur inti partai, turut hadir pula ormas yang terafiliasi dengan partai yakni LMND di sektor Mahasiswa, Serikat Tani Nasional dan Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia.

Reporter: Tahmil Burhanuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here