Home Palu

Sukseskan Pilkada 2020, KPU Palu Akan Gandeng Perguruan Tinggi

151
Wakil Rektor I IAIN PALu, H Abidin (tengah) bersama Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid (kanan) memberikan keterangan pers terkaiat rencana kerjasama KPU Kota Palu dan perguruan tinggi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu akan menggandeng perguruan tinggi yang berada di Kota Palu dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Menggandeng perguruan tinggi juga menjadi imbauan KPU RI.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Kamis 30 Januari 2020 mengatakan, menggandeng perguruan tinggi dalam Pilkada Kota Palu, akan membantu KPU dalam mewujudkan Pilkada berkualitas. Terlibatnya kalangan akademisi membantu banyak memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Kami melihat dulu regulasinya, seperti bagaimana bergandengan dengan perguruan tinggi khususnya IAIN dalam helatan demokrasi lima tahunan ini. Bekerjasama dengan perguruan tinggi juga imbauan dari KPU RI. Alahamdulillah langkah awal sudah dibuktikan dengan seleksi tertulis calon Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Palu dilaksanakan di geduang IAIN. selanjutnya kami ingin mengemas dengan ikatan lebih kuat lagi,” kata Agussalim Wahid.

Rencananya agenda berikut, semacam sosialisasi tahapan Pilkada, KPU Kota Palu akan menggunakan fasilitas kampus lagi, dengan melibatkan kalangan akademisi turut serta didalamnya. Agussalim meyakini, pelibatan dunia kampus, maka demokrasi di Kota Palu berjalan sesuai dengan harapan.

“Hubungan dengan kampus kami akan bangun terus. Khususnya agenda sosialisasi, agar pihak kampus juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait Pilkada dan demokrasi di Kota Palu,” tutur Agussalim.

Keinginan KPU Kota Palu tersebut disambut baik pihak IAIN. Wakil Rektor I IAIN Palu, H Abidin, mengungkapkan IAIN menyambut dengan terbuka rencana KPU tersebut. Abidin mengusulkan ada semacam kesepaham bersama antara KPU Kota Palu dan IAIN.

“IAIN bertujuan membangun islam moderat. Apa yang menjadi harapana KPU Kota Palu tentunya kami sambut dengan gembira, apalagi IAIN bisa terlibat langsung dalam mewujudkan demokrasi yang baik di Sulteng, khususnya Kota Palu,” ujar Abidin.

lanjutnya, selama ini IAIN Palu juga mendorong pegawainya untuk berkontribusi dalam melahirkan demokrasi yang baik, mewujudkan Pilkada yang berkualitas. Salah satu wujud dorongan itu yakni mengizinkan pegawai atau dosen IAIn yang ingin menjadi komisioner KPU maupun tempat lain, dan itu sudah dibuktikan dengan terpilihnya dosen IAIN menjadi anggota KPU baik ditingkatan kabupaten/kota maupun provinsi.

“Dengan memberikan izin kepada dosen untuk mengabdi ditempat lain (KPU), adalah wujud dukungan IAIN terhadap demokrasi yang baik di Sulteng. Kedepan bila ada hubungan lebih intens, tentunya IAIN menyambut dengan gembira,” ujar Abidin.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas