Home Palu

BKN: Kehadiran Peserta Tes CPNS Menurun

172
Supardi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Donggala di Palu mencatat kehadiran peserta tes seleksi kompetensi dasar CPNS menurun di daerah ini. Kepala UPT BKN Donggala di Palu, Supardi, mengatakan belum mengetahui pasti meningkatnya persentase ketidakhadiran tersebut.

“Kita tidak tahu apakah karena peserta mendaftar dari tempat jauh atau bagimana. Yang jelas saya lihat tingkat ketidakhadiran agak tinggi,” ujar Supardi kepada Metrosulawesi, Senin, 3 Februari 2020.

Namun untuk presentase kelulusan peserta dikatakan meningkat dibanding tes tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut mencapai 20 persen setiap sesi dari jumlah peserta yang mengikuti tes.

“Saya berharap tingkat kelulusan tinggi karena tahun lalu itu kadang-kadang satu sesi tidak ada yang lolos,” ucap Supardi.

Supardi mengatakan pelaksanaan tes CPNS yang telah dimulai sejak 27 Januari secara umum berjalan lancar. Masing-masing peserta datang tepat waktu sesuai jadwal tes yang telah ditetapkan.

Pemeriksaan dan pengawasan ketat diberlakukan bagi setiap peserta dimulai saat akan memasuki ruang ujian. Peserta hanya boleh membawa indentitas diri dan nomor ujian saat memasuki ruangan.

Dengan pengawasan tersebut sampai ini belum ditemukan peserta yang melakukan kecurangan. Berbeda tahun sebelumnya dalam tes yang sama, BKN Donggala di Palu terpaksa mendiskualifikasi seorang peserta karena melakukan kecurangan.

Untuk BKN Dongala sendiri yang beralamat di Jalan Bantilan Palu, melayani tes 13 instansi vertikal. Instansi pertama yang melaksanakan tes yaitu Badan Pengawas Pemilu dan akan diakhiri oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Peserta tes terbanyak berasal dari Kementerian Agama sebanyak 2.532 pendaftar,” ungkap Supardi.

Dia menambahkan, BKN Donggala di Palu juga menyiapkan ruang monitoring dalam setiap sesi. Selain itu, peserta turut dipantau secara realtime dengan menggunakan kamera pengawas (CCTV).

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas