Home Palu

SNDB MAN IC Palu Segara Ditutup

313
Soim Anwar. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palu, Soim Anwar mengungkapkan, Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SN-PDB) MAN IC secara nasional akan segera ditutup, masyarakat Sulawesi Tengah diharapkan memanfaatkan waktu yang tersisa itu, sebab kuota peneriman terbatas.

Menurut Soim, saat ini kuota pendaftar di MAN IC Palu secara nasional sudah mencapai 179 peserta didik. Namun capaian itu diharapkan terus meningkat, sebab masa penerimaan peserta didik baru masih berlangsung beberapa hari lagi.

“MAN IC Palu bakal merekrut peserta didik sesuai kapasitas atau daya tampung asrama, jumlahnya itu kurang lebih hanya  96 orang, terdiri dari 48  putra dan 48 putri, sesuai kapasitas daya tampung asrama,” kata Soim di Palu, belum lama ini.

Menurut Soim, pendaftaran di MAN IC dilakukan melalui aplikasi online dengan alamat website https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2020.  

“Jika telah masuk SN-PDB MAN IC, pendaftar akan menggunakan dua jalur, pertama pendaftaran online jalur tes dimulai dari 13 Januari dan tutup 4 Februari 2020, dan pendaftaran online jalur prestasi dari 13 Januari hingga 1 Februari 2020, seleksi berkas 20 Januari hingga 8 Februari 2020,” jelasnya.

Kata dia, hasil seleksi jalur prestasi diumumkan pada 10 Februari 2020 dan pengumuman untuk Jalur tes dilaksanakan pada 15 Februari 2020.

“Kepada putra-putri terbaik Sulawesi Tengah diharapkan untuk memanfaatkan waktu yang tersisa dalam mendaftar. Waktu yang masih tersisa tersebut sangat diharapkan dimanfaatkan oleh peserta didik SMP maupun MTs yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, mengingat kuota yang diberikan oleh negara ke MAN IC Palu sangat terbatas,” katanya. 

Soim mengatakan, sangat disayangkan jika kesempatan yang masih tersisa tersebut tidak dimanfaatkan oleh peserta didik di Sulteng.

“Saya sangat berharap putra-putri Sulteng bisa memanfaatkan kesempatan yang masih ada. Perlu di ketahui madrasah favorit milik Kementerian Agama (Kemenag) ini diminati sejak dulu,” ujarnya.

Soim mengaku, MAN IC Palu sudah berjalan empat angkatan, dan menampung putra-putri Indonesia dari berbagai kota,  mulai dari Ambon, Ternate, Balikpapan, Makassar, Pasangkayu, maupun Yogyakarta.

“Karena ini seleksi nasional, maka semua anak bangsa berhak memilih madrasah ini, namun tentunya kita berharap anak daerah juga bisa memanfaatkan kesempatan yang ada, agar nanti SDM-nya juga bisa bersaing di luar sana,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas