Home Ekonomi

32 Operator Crane Kelistrikan Ikut Sertifikasi

154
Salah satu operator crane sedang mengikuti pelatihan pada In House Training dan Sertifikasi. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 32 tenaga operator crane dari 17 perusahaan yang bergerak di sektor kelistrikan dan merupakan anggota AKLI Sulawesi Tengah (Sulteng), mengikuti In House Training dan Sertifikasi di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

In House Training dan Sertifikasi ini melibatkan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3), PT Delta Indonesia Pranenggar (Bidang Pembinaan K3) dan PT Delta Nusantara Persada (Bidang Riksa Uji) dibawah pengawasan tenaga ahli pesawat angkat angkut (PAA) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tengah, Suhardi.

Ketua AKLI Sulawesi Tengah Jefry mengatakan sebagai pekerja listrik dibawah AKLI, sadar dan faham benar tentang regulasi yang mewajibakan K3 dalam pelaksanaan pekerjaan kelistrikan yang beresiko tinggi.

“Untuk itu kami mewajibkan kepada semua anggota AKLI untuk mengikuti kegiatan ini sehingga menjadi tenaga kerja yang terampil dan bersertifikat.

Untuk operatar diatur di Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 9 Tahun 2010, kemudian untuk Obyek K3 adalah Mobil Crane diatur Permenaker No 5 tahun 1985. Pelaksanaannya dilaksanakan tiga hari di kantor Akli dan halaman eks Hotel Roa Roa, Maesa, dari tanggal 29 s/d 31 Januari.

Sebanyak 26 unit mobil crane disiapkan dalam kegiatan tersebut untuk menunjang proses in house training dan sertifikasi.

Reporter: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas