Home Politik Nasdem Sebut Tiga Partai Siap Koalisi di Pilgub

Nasdem Sebut Tiga Partai Siap Koalisi di Pilgub

478
SILATURAHMI - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Tengah, Atha Mahmud saat memberikan sambutan di acara Silaturahmi Partai Nasdem dan Relawan Poso Bersatu bersama Calon Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, di Kelurahan Moengko Baru, Poso Kota, Selasa 21 Januari 2020. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulawesi Tengah memastikan sudah ada beberapa partai yang siap berkoalisi pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah yang akan digelar tahun ini.

Menjelang pemilihan gubernur 2020, partai-partai politik terus melakukan manuver politik untuk mencari koalisi agar dapat mengusung kandidat bakal calon gubernur dan wakilnya. Hal itu juga dilakukan oleh partai pemenang pemilu di Sulteng tahun lalu, Nasdem.

Ketua DPW Nasdem Atha Mahmud menyebut setidaknya sudah tiga partai politik (parpol) yang menyatakan siap untuk berkoalisi pada kontestasi perebutan kursi nomor satu di Sulteng.

“Partai yang akan berkoalisi dengan NasDem untuk pilgub sudah siap. Tetapi tidak etis untuk menyampaikannya,  tunggu saja partai tersebut yang mengumumkan,” ungkap Atha kepada Metrosulawesi, Kamis 23 Januari 2020.

“Ada tiga partai, besar dan kecil,” sebut Ketua DPW Nasdem itu. Namun ia enggan menyebut nama parpol yang dimaksudnya.

Nasdem sendiri telah memastikan akan mengusung kandidat pasangan calon Rusdi Mastura – Ma’mun Amir untuk maju pada Pilkada Sulteng nanti. Selain telah mendapat kepastian dari Nasdem, Cudy sapaan akrab Rusdi Mastura juga mendaftarkan diri ke sejumlah partai untuk mencari dukungan, di antaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Namun demikian, peluang Cudy untuk mendapatkan dukungan dari Gerindra hampir tak ada lagi. Sebab Gerindra Sulteng baru saja mengumumkan untuk mengusung M Hidayat Lamakarate sebagai kandidat bakal calon gubernur mereka.

Sebelumnya ada nama-nama populer seperti Anwar Hafid, Rusdi Mastura, Nurmawati Dewi Bantilan serta M Hidayat Lamakarate yang mendaftar di partai tersebut. Sebelum akhirnya tim Badan Seleksi (Bansel) Gerindra mengumumkan nama Hidayat yang akan direkomendasikan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerindra.

Menanggapi hal itu, Atha tidak berkomentar banyak. “Setau saya saat ini belum ada rekomendasi dari DPP Gerindra. Kalau NasDem sudah ada rekomendasi dari DPP untuk pasangan Rusdi-Ma’mun,” tandasnya.

“Kalaupun sudah ada dukungan, NasDem tidak ada masalah karena sejak awal NasDem sudah siap dengan jalannya sendiri,” dia menambahkan.

Meskipun Gerindra telah menutup peluang untuk Cudy, mantan wali kota dua periode itu masih bisa mencari tambahan partai pengusung lainnya yang dapat berkoalisi dengan Nasdem untuk memuluskan langkahnya menuju kontestasi Pilkada Sulteng. Hal ini diungkapkan oleh Sekretraris DPW Nasdem Muslimun.

“Soal partai lain itu urusan masing-masing partai karena setahu saya mereka punya aturan main dan mekanisme sendiri dalam penjaringan calon. Kalaupun Gerindra memberikan rekomendasi terhadap Hidayat tidak ada masalah dan itu hak preogratif dari partai Gerindra,” kata Muslimun.

“Setahu saya ka Cudi juga mendaftar di beberapa partai yang membuka pendaftaran calon. Semua masih fleksibel dan belum ada keputusan rekomendasi itu buat siapa,” jelas Muslimun yang juga Anggota DPRD Kota Palu itu.

Salah satu partai politik yang diketahui tengah melakukan komunikasi untuk berkoalisi dengan Nasdem saat ini adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal ini juga diungkapkan oleh Wakil Ketua DPW PKS Rusman Ramli.

“Beberapa pengurus DPW PKS termasuk Pak Wahyuddin (Ketua DPW PKS) saat ini masih di Jakarta untuk menindaklanjuti proses komunikasi pilkada gubernur,” kata Rusman.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here