Home Politik

KPU Sigi Dekatkan Posko Pendaftaran PPK ke Warga

379
Ketua KPU Sigi, Hairil. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pelaksanaan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggah dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sigi Tahun 2020, yang saat ini memasuki tahapan penerimaan pendaftaran penyelenggara Adhoc yang telah dimulai dari tanggal 18 sampai 24 Januari 2020.

Untuk memaksimalkan proses pelayanan pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi membuka posko pendaftaran dan rekruitmen penyelenggara adhoc.

Ketua KPU Sigi, Hairil menyatakan sesuai dengan ketentuan dalam peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan Jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, khususnya tentang jadwal penerimaan calon anggota PPK yang sedang berjalan sampai dengan tanggal 24 Januari 2020.

“Dari hasil evaluasi penerimaan calon anggota PPK tanggal 21 Januari 2020 yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Sigi ada beberapa wilayah Kecamatan yang jumlah pendaftarnya belum memenuhi kuota maka KPU Sigi membuka posko pelayanan pendaftaran calon anggota PPK dibeberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Sigi,” ujarnya Rabu, 22 Januari 2020.

Kata Hairil, posko pelayanan pendaftaran calon anggota panitia pemilihan Kecamatan ini dibuka mulai tanggal 22 sampai 24 Januari 2020 atau 3 hari sebelum jadwal pendaftaran ditutup, dengan pembagian wilayahnya yaitu untuk wilayah Kecamatan Nokilalaki dan Kecamatan Palolo posko pelayanan bertempat di Kantor Kecamatan Palolo.

Lanjutnya, kemudian untuk wilayah Kecamatan Lindu dan Kecamatan Kulawi bertempat di Kantor Kecamatan Kulawi, lalu untuk wilayah Kecamatan Kulawi Selatan dan Kecamatan Pipikori bertempat di Kantor Kecamatan Kulawi Selatan dan untuk wilayah Kecamatan Marawola, Kecamatan Marawola Barat dan Kecamatan Kinovaro bertempat di Kantor Kecamatan Kinovaro, sedangkan untuk wilayah Kecamatan lain tetap di Kantor KPU Sigi.

Kepala Sub Bagian Program dan Data KPU Sigi, Andi Moh. Ahkam, S.Sos menambahkan alasan utama pembukaan posko pelayanan bagi calon anggota panitia pemilihan Kecamatan ini dibuka, adalah untuk membantu dan memberikan pelayanan bagi para calon anggota PPK yang ingin memasukkan berkas pendaftarannya namun terkendala dengan wilayah yang agak jauh dari Kantor KPU Sigi. Sehingga mengakibatkan jumlah pendaftar untuk beberapa wilayah Kecamatan masih belum memenuhi jumlah yang disyaratkan, maka KPU Sigi berinisiatif untuk membantu dan memberikan pelayan maksimal dalam proses pemasukan berkas dengan membuka Posko Pelayanan Pendaftaran di beberapa Kecamatan.

Dengan pembukaan posko pelayanan ini diharapkan dapat membantu pada pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan yang mungkin karena faktor jarak serta wilayah sehingga tidak dapat memasukkan berkas pendaftarannya bisa dengan mudah dilayani proses pendaftarannya.

“Kami juga sudah melakukan sosialisasi baik melalui surat resmi kepada Kepala Wilayah Kecamatan, pengumuman dalam laman KPU Sigi maupun melalui media sosial tentang informasi pembukaan posko pelayanan ini dan kami berharap media massa juga dapat membantu menyebarluaskan informasi pembukaan posko pelayanan ini kepada masyarakat di Kabupaten Sigi yang berminat menjadi Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan,” kata Ahkam. (*)

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas