Home Ekonomi Kelompok Usaha Produktif Jadi Prioritas Pemkot

Kelompok Usaha Produktif Jadi Prioritas Pemkot

69
Setyo Susanto. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Sesuai dengan instruksi langsung Walikota Palu Drs Hidayat MSi terkait pengembangan kelompok usaha produktif akan menjadi target prioritas utama pemerintah Kota Palu selama 2020.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu, Setyo Susanto mengatakan tujuannya adalah untuk memberdayakan ekonomi melalui kelompok masyarakat berbasis kelurahan inovasi.

“Tapi, mereka harus dapat mengoptimalkan penggunaan bahan baku lokal agar bisa menghasilkan profit. Seperti umbi dan sukun bisa dikelola menjadi tepung,” katanya, Selasa (21/1/2020).

Dia menyebutkan, produk unggulan tersebut akan terus dioptimalkan untuk menembus pasar nasional dan internasional. Menurutnya, pengembangan dari UMKM ini adalah projek primadona yang sangat diandalkan dalam pembangunan Kota Palu mendatang.

“Kami tidak mengesampingkan usaha konveksi atau seperti pengembangan usaha budidaya daun kelor tetap kita akan bina mereka. Maka dari itu, pemerintah Kota Palu membentuk kelompok usaha produktif di masyarakat,” tuturnya.

Diungkapkannya, belum lama ini pemerintah Kota Palu juga telah memberikan bantuan kepada 26 kelompok masyarakat yang telah menggeluti sejumlah sektor usaha mikro. Apalagi, peluang pasar luar daerah sesungguhnya produk kearifan lokal.

“Penyaluran bantuan alat produksi UMKM bersumber dari APBD Kota Palu tahun anggaran 2019 untuk kegiatan usaha produktif. Terbukti bawang goreng khas Palu selalu laris di pasaran baik pasar lokal maupun skala regional,” sebutnya.

Sementara itu, kelompok usaha yang menerima bantuan alat produksi beserta bahan baku sebagian besar pelaku usaha kuliner dengan total nilai bantuan sekitar Rp1,8 miliar.

“Khusus usaha bawang goreng Pemkot Palu menyediakan sekitar 100 kilogram bahan baku untuk 15 kelompok. Kami mendorong pelaku usaha produktif menggunakan bahan baku lokal, di satu sisi hemat biaya produksi di sisi lain mudah didapat,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here