Home Palu

Pendaftar PPK Gratis Surat Keterangan Berbadan Sehat

480
Komisioner KPU Kota Palu berkoordinasi dengan Kadis Kesehatan Kota Palu, dr Husaema terkait penerimaan PPK. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Palu terkait tahapan penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kota Palu tahun 2020. Poin dari koordinasi itu yakni pendaftar calon PPK tidak dipungut biaya pengurusan surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba yang dikeluarkan oleh Puskesmas.

Komisioner KPU Kota Palu, Iskandar Lembah, Rabu 15 Januari 2020 mengatakan, merujuk MOU antara Menteri Kesehatan dengan KPU RI terkait penerimaan PPK, kemudian ditindak lanjuti oleh KPU Kota Palu agar penerimaan PPK yang tahapannya sementara berjalan dapat dilaksanakan.

“Dalam kesepahaman KPU RI dan menteri kesehatan, pendaftar PPK tidak dikenakan biaya (gratis) saat mengurus surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba. Alhamdulillah hal itu langsung ditindaklanjuti Kadis kesehatan Kota Palu dengan menyurat kepada seluruh Puskesmas yang ada,” tutur Iskandar Lembah.

Dalam surat yang diterbirkan Dinkes Kota Palu yang ditandatangani dr Husaema selaku kepala dinas, terdapat tiga poin penting terkait pelayanan pendaftar PPK. Pertama, memfasilitasi pemeriksaan kesehatan (surat keterangan berbadan sehat) bagi calon anggota PPK, PPS dan KPPS dan membebaskan biaya pemeriksaan. Dua, memfasilitasi pelayanan kesehatan kepada penyelenggara adhoc dimulai sejak 22 September 2020 sampai dengan berakhirnya rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan. Tiga, melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait pelayanan kesehatan selama penyelenggaraan Pilkada 2020.

Dengan keluarnya surat Kadis kesehatan itu, Iskandar berharap masyarakat Kota Palu yang ingin mendaftar sebagai calon anggota PPK untuk tidak ragu lagi melengkapi seluruh persyaratannya karena tidak ada pungutan.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas