Home Palu

Disdukcapil Palu Telah Terbitkan 18.847 Suket

179
Rosida Thalib. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, Rosida Thalib, mengatakan, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat terhadap KTP elektronik (e-KTP), Disdukcapil Palu telah mengeluarkan Surat Keterangan (suket) sebanyak 18.847 suket.

“Ribuan warga yang memiliki Suket itu merupakan warga yang e-KTPnya rusak, hilang, atau masyarakat yang baru menikah sehingga ada pergantian data, serta pindah,” kata Rosida, di Palu, belum lama ini.

Rosida mengatakan, sebenarnya Disdukcapil Palu menargetkan semua warga memiliki e-KTP, namun saat ini pihaknya masih  memprioritaskan e-KTP pemula, tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada blangko lebih, pasti akan diberikan ke warga yang memerlukan e-KTP.

“Yang jelas sebagian warga pasti akan kami penuhi e-KTP, tetapi tidak sekaligus namun bertahap, sebab kami keterbatasan blangko e-KTP,” ungkapnya.

Selain itu juga, kata Rosida, sudah ada surat dari Dirjen, bahwa Suket bisa diberlakukan dimanapun, sama juga fungsinya dengan e-KTP, namun masih sebatas selembar kertas.

“Saya berharap masyarakat tidak perlu khawatir dengan Suket yang diberikan oleh Disdukcapil, sebab suket ini juga diterima dimanapun jika ada kepengurusan tentang dokumen kependudukan,” jelasnya.

Rosida berharap, ke depan, pencetakan e-KTP lebih ditingkatkan lagi, sehingga Suket yang keluar tidak terlalu banyak.

“Kita juga pada 2019 sudah berhasil mengeluarkan akte kelahiran sebnayak 10.888 lembar, kepada usia 0-18 tahun. Sementara akte kelahiran usia 18 tahun ke atas, kita sudah keluarkan sebanyak 5.195, dan salinan akte lahir kami keluarkan 311 lembar,” katanya.

Menurut Rosida, akte kelahiran yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Palu cukup meningkat, hal itu disebabkan karena Disdukcapil menjalankan program akte lahir usia 0-18, bekerjasama dengan Rumah Sakit, Puskesmas, dan kelurahan.

“Bahkan, kita juga buat layanan di Posyandu, dengan membuka layanan Book Birth Akte Kelahiran, program Book Birth ini merupakan inovasi baru dari Disdukcapil dalam rangka mempercepat pelayanan akte kelahiran,” ujarnya.

Sebab kata Rosida, setiap tahun Disdukcapil dituntut untuk membuat inovasi baru agar masyarakat lebih dekat dengan pemerintah daerah, khususnya Disdukcapil.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas