Home Sulteng Diskominfo-Bappeda Jadi Leading Sektor Program Satu Data Indonesia di Sulteng

Diskominfo-Bappeda Jadi Leading Sektor Program Satu Data Indonesia di Sulteng

171
Farida Lamarauna. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Sulawesi Tengah dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulteng menjadi leading sektor program Satu Data Indonesia di daerahnya. Kepala Diskominfo Sulteng, Farida Lamarauna, mengungkapkan pihaknya menjadi wali data dalam program tersebut.

“Jadi seluruh OPD mengirimkan data kepada kami, kemudian diolah dan siap dibagikan jika ada yang membutuhkan,” ungkapnya di Palu, Jumat, 10 Januari 2020. 

Program satu data ini ditetapkan melalui Peraturan Peresiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Program tersebut kini dalam proses perampungan untuk segera diaplikasikan.

Farida mengatakan pihaknya masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dan Petunjuk Pelaksanaan (Jutlak) untuk bisa melaksanakan program tersebut.

“Kalau berbicara progresnya, belum dilaksakan, karena masih menunggu juknis dan jutlak usai dilanching pada 2019 lalu,” ujar Farida.

Program satu data Indonesia ini bermanfaat untuk menghindarkan terjadinya kekacauan pengelolaan data, khususnya di Sulawesi Tengah. Dengan adanya program tersebut, maka data-data dari semua kementerian teknis akan dijadikan satu menjadi data center.

Dalam Pasal 1 ayat 1 Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tersebut, menerangkan Satu Data Indonesia adalah merupakan kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk. Penyelenggara satu data Indonesia tingkat pusat dilaksanakan oleh dewan pengarah, pembina data tingkat pusat, Walidata tingkat pusat dan produsen data tingkat pusat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here