Home Ekonomi

2020, Bank Mandiri Komitmen Salurkan KUR

467
Area Transaction & Funding Manager PT Bank Mandiri Area Palu, Yusuf Lamsana L. Tobing saat ditemui sejumlah wartawan di salah satu cafe di Kota Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Palu tetap berkomitmen dalam menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) di tahun 2020 sebesar 10%-20%.

“Untuk angka pasti di tahun ini belum kami terima. Namun, kami tetap salurkan KUR mulai awal tahun sesuai dengan amanat OJK. Apalagi, ditambah dengan penurunan suku bunga sebesar 6% yang telah ditetapkan,” demikian disampaikan oleh Transaction & Funding Manager PT Bank Mandiri Area Palu, Yusuf Lamsana L Tobing, belum lama ini.

Diungkapkannya, bukan hanya Bank Mandiri, otomatis semua perbankan yang bernaung dibawah BUMN juga menggunakan prinsip ke hati-hatian (selektif) dalam menyalurkan KUR.

“Di mana penyaluran kredit akan dilihat dari usaha dan proses verifikasi. Kami juga optimistis bisa meningkatkan penyaluran pinjaman (kredit) di tahun ini,” ungkapnya.

Ia menuturkan dengan posisi penyaluran kredit ditargetkan diatas Rp600 miliar. Apalagi, di sektor pertambangan dan perkebunan di beberapa wilayah Sulawesi Tengah menunjukkan trend positif.

“Ada potensi di daerah lain yang dalam proses berkembang, pasti kami bisa mencapai target pertumbuhan kredit sebesar itu khususnya fokus kami di bidang UMKM dan beberapa sektor lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, total Akuisisi bebitur KUR Baru di tahun 2019 berjumlah sekitar 2.891 Debitur. Dengan rincian Sektor Industri Pengolahan, Jasa Kemasyarakatan, Sosial Budaya, Hiburan dan Perorangan lainnya 891 Debitur.

“Penyediaan akomodasi, penyediaan makan minum, perdagangan besar dan eceran mencapai 1.473 debitur dan sektor perikanan, pertanian, perburuan, dan kehutanan sekitar 527 debitur,” jelasnya.

Sedangkan, untuk nominal dari pencairan KUR baru di tahun 2019 mencapai Rp333,471 miliar. Selanjutnya, Sektor Industri Pengolahan, Jasa Kemasyarakatan, Sosial Budaya, Hiburan dan Perorangan lainnya sekitar Rp99,018 miliar.

Selain itu, Penyediaan Akomodasi, Penyediaan Makan Minum, Perdagangan Besar dan Eceran Rp189,963 Milyar. Ditambah lagi, sektor Perikanan, Pertanian, Perburuan, dan Kehutanan mencapai Rp44,490 miliar.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas