Home Donggala

UPT BKN Permudah Pelayanan ASN di Sulteng

395
Persemian gedung Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Kepegawaian Negara Donggala, Jumat (10/1/2020). (Foto: Humas / Lili)

Donggala, Metrosulawesi- Bupati Donggala Kasman Lassa, SH.MH menghadiri peresmian gedung kantor Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Kepegawaian Negara Donggala, Jumat (10/1/2020). Kehadiran bupati pada peresmian kantor tersebut tak lepas dari niat baik pemda donggala dalam meminjamkan asetnya.

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Donggala memberikan dukungan sepenuhnya dengan memberikan gedung atau meminjamkan gedung untuk digunakan pelayanan pegawai,” kata Kasman Lassa saat memberikan sambutan.

Dikatakan bupati di hadapan BKN Bima Aria dan Wagub Sulteng Rusli Dg Pallabi, banyak aset Pemerintah Donggala di Palu yang sudah dipinjamkan kepada Pemprov Sulteng dan Pemkot Palu. Oleh karena itu, dia meminta agar dimanfaatkan dengan baik sehingga tidak mengalami kerusakan.

“Mudah-mudahan dengan datangnya sebuah lembaga yang tadinya hanya berada di satu wilayah regional Indonesia timur dan terpusat di Jakarta, sekarang sudah dekat maka dengan begitu kami pun mengatakan harus disambut dengan senang hati dan tulus ikhlas, untuk itu mari kita bersama-sama mengoptimalkannya,” sebutnya.

Sementara sambutan Gubernur Sulawesi Tengah dibacakan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Dg Palabbi, menyampaikan bahwa pasca bencana 28 September 2018 lalu, operasional UPT Palu kurang optimal karena gedung yang dipakai telah mengalami kerusakan yang cukup berat dan sedang dilakukan rehabilitasi.

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten  Donggala telah berkenan memberikan lokasi, sehingga UPT BKN Donggala di Palu nantinya akan memudahkan pelayanan bagi pegawai,” ungkapnya.

Wagub juga berharap semoga dengan adanya UPT Donggala di Palu, dapat membawa dampak positif yang sebesar-besarnya bagi kedekatan pelayanan kepegawaian diwilayah kerja Kanreg IV Makassar, khususnya Provinsi Sulawesi Tengah sehingga dapat menghasilkan ASN yang profesional dan bermatabat.

Sementara itu, kepala BKN pusat Bima Haria Wibisana, mengatakan gedung atau kantro UPT mempunyai tiga fungsi. Pertama yaitu untuk seleksi CPNS, kedua untuk assesmen kompetensi dan ketiga untuk memperpendek jarak penyelesaian atau hal-hal yang terkait dengan kepegawaian.

“Gedung UPTD ini harus dilengkapi fasilitas, jika sekarang komputer yang tersedia hanya 55 unit  itu masih kurang untuk pelaksanaan teks CPNS, maka diperlukan fasilitas memadai agar waktu pelaksanaan tesnya lebih cepat, terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten  Donggala dan jajarannya yang telah memfasilitasi dan meminjamkan gedungnya untuk kelancaran urusan kepegawaian,” tuturnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Donggala dan Kepala BKN, pembukaan  selubung papan nama kantor UPT BKN Donggala di Palu serta pengguntingan pita oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Kepala BKN dan Bupati Donggala serta peninjauan ruang CAT sebagai tanda diresmikannya Kantor UPT BKN Donggala di Palu untuk wilayah se Sulawesi Tengah.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas