Home Morowali Ikan dari Bungku Dijual Hingga ke Palu

Ikan dari Bungku Dijual Hingga ke Palu

156
Suasana Pelabuhan Kota Bungku Morowali dipadati pembeli, Ahad 12 Januari 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)

Morowali, Metrosulawesi.id – Panen tangkapan kembali dinikmati sejumlah kapal spesialis penangkap ikan di Bungku Kabupaten Morowali. Tiba di pelabuhan, nelayan mengeluarkan hasil tangkapan dari kapal kemudian diberikan kepada pembeli yang datang.

Masyarakat yang datang diketahui selain membeli secukupnya untuk dikonsumsi sendiri, juga membeli jumlah banyak dan menjualnya kembali di Bungku. Bahkan, ada ke daerah-daerah terdekat di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah untuk dijual.

“Biasanya kami antar menuju ke Kota Palu. Untuk pembeli juga sudah ada yang jadi langganan,” ujar Rusdi, pembeli ikan di Pelabuhan Laut Kota Bungku, Ahad 12 Januari 2020.

Dari Bungku, kata dia, yang harus dipastikan es batu yang digunakan untuk membungkus ikan harus benar-benar mencukupi, agar ikan tetap awet, tidak rusak atau membusuk ketika masih dalam perjalanan.

“Kesehatan kendaraan juga harus dipastikan apakah bisa menempuh perjalanan dan membawa muatan yang berat,” ujar Rusdi.

Di tempat yang sama, Muhtar nelayan kapal mengungkapkan untuk menuju wilayah tempat ikan membutuhkan sebuah kesabaran. Karena  harus berhadapan dengan ombak serta menunggu waktu tepat menurunkan jala melingkar ikan.

“Di saat perjalanan, bila memang cuaca sulit dan tidak memungkinkan ke tempat tujuan, maka kami nelayan di kapal sepakat tidak mau ambil risiko. Kemudi kapal kami arahkan balik ke pelabuhan,” ujarnya.

“Alhamdulillah beberapa hari terakhir ini, hampir semua kapal penangkap pulang ada isi,” tambah Muhtar.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here