Home Ekonomi

Bank Mandiri Punya 404 Agen di Sulteng

264
Salah satu Agen Mandiri yang membantu dalam memberikan dukungan terhadap inklusi keuangan di wilayah Sulawesi Tengah. (Foto: Dokumentasi Bank Mandiri)

Palu, Metrosulawesi.id – Sampai dengan posisi akhir Desember 2019 lalu, PT Bank Mandiri Area Palu telah mempunyai sebanyak 404 Agen Mandiri yang tersebar di wilayah kabupaten di Sulawesi Tengah.

Area Transaction & Funding Manager PT Bank Mandiri Area Palu Samratulangi menyampaikan ini sebagai langkah dalam mewujudkan upaya strategis Pemerintah dalam hal peningkatan Inklusi Keuangan melalui Layanan Keuangan Digital (LKD) yang diatur oleh Peraturan Bank Indonesia (PBI) dan LAKU PANDAI oleh Peraturan OJK (POJK).

“Bank Mandiri memiliki cita-cita agar semua orang di Indonesia dapat menggunakan layanan keuangan perbankan. Apalagi, inklusi keuangan masih rendah atau banyak yang belum tersentuh dengan keuangan perbankan.Maka dari itu, kita juga akan menyasar daerah baru berkembang lewat agen Mandiri,” jelasnya, Sabtu (11/1/2020).

Diungkapkannya, geliat dari agen Mandiri di Sulawesi Tengah baru terlihat berjalan pada awal tahun 2019. Ia pun memperkirakan tahun ini bisa menjaring di atas 10% atau 80 sampai dengan 100 agen Mandiri.

“Kita tetap optimis dengan target itu jika tumbuh di atas yang diperkirakan cukup lumayan. Dan itu sudah angka yang realistis karena wilayah ini banyak memiliki daerah yang berkembang. Namun, ibaratnya belum bisa dijangkau kantor cabang Utama,” ungkapnya.

Lanjut dia, seperti contoh daerah pertambangan Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali. Di mana kebutuhan transaksi keuangan para pekerja di wilayah itu sangat banyak. Sedangkan, bila hanya berharap pada satu kantor cabang pasti akan kesulitan melakukan pelayanan ke nasabah.

“Estimasi pekerja di sana mencapai sekitar 40 ribuan, belum lagi ditambah dengan masyarakat umum paling hampir 50 ribuan, bahkan ada wacana akan tumbuh 80 ribuan pekerja di sana, bayangkan saja sebanyak itu hanya dilayani satu kantor cabang,” ujarnya.

Sementara itu, ia menyebutkan bila ingin menjadi agen Mandiri cukup menyiapkan identitas seperti KTP, NPWP, dan harus wajib memiliki tempat usaha. Dengan begitu, Bank Mandiri juga akan mudah memberikan pinjaman kredit kepada masyarakat yang ingin bekerjasama melalui program tersebut.

“Bahkan, salah satunya nanti mereka akan menjadi debitur kita Bank Mandiri. Apalagi, mereka ajukan kredit pasti akan lebih mudah,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas