Home Ekonomi Kadis Pariwisata Sulteng Berharap Gedung JCC Bisa Tingkatkan Pendapatan Daerah

Kadis Pariwisata Sulteng Berharap Gedung JCC Bisa Tingkatkan Pendapatan Daerah

62
DIPIHAK-KETIGAKAN - Inilah tampak suasana di dalam gedung Jodjokodi Convention Center (JCC). (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, I Nyoman Sriadijaya, mengungkapkan, gedung serbaguna pariwisata Jodjokodi Convention Center (JCC), yang berada di jalan Moh Yamin, diharapkan memberikan kontribusi atau pendapatan bagi daerah.

“Pak Gubernur sangat mengharapkan gedung JCC ini di akhir Januari 2020 ini sudah ada yang ditetapkan sebagai pengelolanya, sehingga gedung ini di pihak ketigakan dalam bentuk kerjasama pemanfaatan aset,” kata I Nyoman kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya.

Kata I Nyoman, belum lama ini pihaknya melaksanakan rapat rencana pemilihan mitra kerjasama pemanfaatan gedung JCC. Di rapat itu Dispar Sulteng ingin mendapatkan masukan-masukan dari mitra usaha bidang pariwisata khususnya terkait dengan kegiatan meeting, convention, pameran-pameran, serta lainya.

“Apabila gedung JCC itu dipihak-ketigakan tentunya formula terkait dengan bagimana kontribusi tetapnya, kemudian bagaimana dengan sistem pembagian keuntungan yang didapat dari suatu usaha (sharing profit), semuanya perlu dibahas,” ujarnya.

Selain itu, I Nyoman mengatakan, jika pelaku usaha yang berminat perlu melengkapi fasilitas di gedung JCC.

Kadis Pariwisata Sulteng, I Nyoman Sriadijaya I Nyoman Sriadijaya. (Foto: Ist)

“Sebab gedung JCC itu fasilitas yang baru dimiliki adalah, pagar keliling, kemudian gedung induknya dengan fasilitas auditorium, sudah ada sound system, tetapi yang belum ada di gedung itu adalah kursi, olehnya itu kami berharap para mitra ini bisa melengkapi fisilitas yang ada di gedung itu,” katanya.

Menurut I Nyoman, di bagian sayap kiri dan kanan gedung tersebut bisa dijadikan ruang pertemuan. Sementara di halamannya bisa dijadikan cafe, dengan disiapkan cateringnya.

“Olehnya itu bagi pihak yang berminat tentunya melengkapi fasilitas yang diharapkan, sehingga bisa mendukung layanan Jodjokodi Convention Center, di dalam menggelar kegiatan-kegiatan yang tetunya secara profesional,” ungkapnya.

I Nyoman mengatakan, dalam pemanfaatan gedung JCC ini selain pelaku diuntungkan, Pemda juga tentunya diuntungkan dari sisi pendapatan daerah.

“Sebenarnya kami telah melakukan lelang sebanyak dua kali terkait pemanfaatan gedung JCC itu, namun gagal dan tidak ada peminatnya. Sehingga kami ubah polanya untuk mendengar dulu masukan dari mitra usaha,” ujarnya.

Yang jelas kata I Nyoman, siapa yang berminat harus melakukan investasi dulu, seperti membeli kursi, mobiler, pengadaan AC, penambahan daya, dan lainnya.

“Kami berharap sumber pendapatan itu bukan hanya dari kegiatan pada umumnya, seperti wisuda, dan pesta kawin, dan lainnya, namun juga dapat dimanfaatkan mulai dari sisi parkirnya, tempat fitness, senam, dan kegiatan pameran juga bisa dimasukan,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here