Home Palu 400 Ribu Butir THD Masuk Lewat Jasa Ekspedisi

400 Ribu Butir THD Masuk Lewat Jasa Ekspedisi

110
Fauzi Ferdiansyah. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu, Fauzi Ferdiansyah, mengungkapkan pihaknya berhasil mengamankan sekitar 400 ribu butir trihexphenidyl (THD) di Kota Palu. Obat terlarang tersebut masuk ke Palu lewat salah satu jasa ekspedisi.

“Kami amankan akhir tahun 2018 dan diproses hukum pada tahun 2019 kemarin. Kami tidak bisa sebutkan nama ekspedisinya, tapi yang pasti berada di Kota Palu,” ungkap Fauzi di Palu, Jumat, 10 Januari 2020.

Dia mengatakan THD tersebut diamankan berdasarkan pemantauan BPOM. BPOM di Palu kemudian melakukan penggerebekan terhadap salah satu jasa ekspedisi. Hasilnya terbukti ratusan butir THD akan diedarkan di Kota Palu.

Namun, BPOM kata Fauzi tidak bisa memberikan sanksi kepada jasa ekspedisi karena THD tersebut tanpa sepengetahuan pihak ekspedisi. Jasa ekspedisi dalam menerima paket yang akan dikirimkan hanya menanyakan isi paket kepada pengirim.

“Pihak ekspedisi hanya menanya apa isi barang yang akan dikirim tanpa membuka. Ini yang harus dikembangkan dengan pihak ekspedisi agar bagaimana caranya memastikan barang yang dikirim ilegal,” ucapnya.

Fauzi menuturkan pihaknya telah melakukan pengembangan atas penggerebekan ratusan butir THD tersebut. Hasilnya diamankan seorang pengedar yang berdomsili di Kota Palu. Selain itu, BPOM juga telah mengtahui jaringan pemasok THD ke Kota Palu.

“THD ini masuk dari Jakarta, pemasoknya dari sana. Kami tinggal menyusuri tempat produksinya,” tuturnya.

Fauzi melanjutkan, pengedar THD yang diamankan BPOM tengah menjalani proses hukum.  Dia menambahkan sepanjang tahun 2019, terdapat enam perkara yang ditangani Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BPOM. Dari jumlah perkara tersebut, jumlah barang bukti yang diamankan sebesar Rp396 juta lebih.

“Perkara yang kami tangani terdiri atas tindak pidana kosmetik ilegal, narkotika, dan obat tradisional. Pengawasan BPOM di Palu saat ini melibatkan peran serta konsumen dan masyarakat,” pungkas Fauzi.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here