Home Buol Sidang Korupsi Masjid Raya Buol Masih Saksi

Sidang Korupsi Masjid Raya Buol Masih Saksi

368
PENUHI PENGUNJUNG - Sidang kasus korupsi pembangunan masjid raya Buol banyak dihadiri pengunjung dan kerabat terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Firman Badjoki)

Palu, Metrosulawesi.id – Kasus dugaan korupsi proyek Masjid Raya Buol tahap III di Pengadilan Tipikor Palu kembali disidangkan, Senin 6 Januari 2020. Kali ini menghadirkan dua saksi, yakni: Ikbal Basir Khan, salah seorang kontraktor dan Ir Supangat selaku kuasa pengguna anggaran (KPA).

Sidang lanjutan yang dipimpin hakim diketuai I Made Sukanada SH MH itu dipadati banyak pengunjung. Mereka tampaknya rata-rata berasal dari Kabupaten Buol.

Usai diperiksa, Ikbal Khan mengaku hanya memberikan keterangan seputar suplai bahan bangunan, yang tidak terlibat langsung dalam proyek itu.

“Kami hanya menyuplai cor ready max yang kami ambil dari PT Utama Beton Palu,” katanya.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 11 saksi yang dihadirkan JPU pada persidangan kasus itu.

Proyek pembangunan Masjid Raya Buol tahap III tahun 2017 dengan astimasi kerugian Negara sebesar Rp1,7 miliar.

Dalam persidangan, JPU juga menghadirkan Alex, seorang ahli dari salah satu perguruan tinggi di Gorontalo. Alex di hadapan Majelis Hakim mengatakan, terdapat kesalahan pada proyek pembangunan Masjid Raya Buol itu.

Diketahui, tiga tersangka yang ditetapkan Kejari Buol, diantaranya Parawansah Tokare selaku Konsultan Pengawas PT Arsindo Mega Kreasi, Rudin selaku Direktur PT Sarana Pancang Tomini dan Hasim Baharullah Day Hasim selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Terhadap ketiga tersangka, jaksa penyidik menjeratnya dengan pasal 2, pasal 3, jo pasal 18 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sejak Kamis, 7 November 2019 lalu, ketiga tersangka itu telah ditahan oleh Jaksa Penyidik di lapas kelas III Leok di Buol. Dan saat ini dititipkan di Rutan Maesa Palu selama menjalani proses persidangan.

Reporter: Firman Badjoki
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here