Home Ekonomi

Bulog Realisasikan Serapan Beras Petani 20 Ribu Ton

151
Beras di gudang Bulog. (Foto: Antara/ Rony Muharrma)

Palu, Metrosulawesi.id – Hingga dipenghujung periode 2019, Perusahaan Umum (Perum) Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Sulawesi Tengah mampu merealisasikan penyerapan beras petani domestik sebanyak 20.000 ton atau sekitar 60 persen.

Kepala Bulog Kanwil Sulteng, Miftahul Ulum, mengatakan realisasi tersebut sudah cukup positif mengingat sektor pertanian di Sulteng sedang melakukan recovery pertanian, khsusnya sentra serapan di daerah terdampak bencana setahun silam yakni Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.

“Sekitar 20.000 ton, 60 persen dari total target sekitar 32.000 ton,” jelas Miftahul Ulum melalui gawai, Sabtu (4/1/2020).

Bulog Sulteng menatap optimis 2020, Miftahul Ulum berharap sektor pertanian makin baik dan petani lokal terus mendapatkan motivasi untuk melakukan geliat menanam pada sektor komoditi beras.

“Sehingga nantinya akan terus pulih dan kembali seperti sedia kala. Kami berkomitmen untuk terus menjalankan fungsi kami sebagai perusahaan BUMN yang bertugas pada sektor pangan,” ungkapnya.

Namun, kata dia, rasa optimisme tersebut harus dilandasi dengan sejumlah perbaikan sistem. Ia mengakui, kendala yang dihadapi sepanjang 2019 adalah penyaluran usai menyerap menyusul regulasi penyaluran Bantuan Pemerintah Nontunai (BPNT) yang masih terus dalam perbaikan mekanisme.

“Kalau kita memaksimalkan penyerapan, penyaluran kami terus terang saja agak kesulitan saat ini karena transisi bansos ke BPNT ini. Sektor yang menjadi hilir seperti yang saat ini berganti dari bansos ke BPNT belum rampung sistemnya,” ungkapnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas