Home Palu

Malam Tahun Baru, Polisi Rekayasa Lalu Lintas dalam Kota Palu

472
IPTU Abdhi Hendriyatna S.IK. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Mau berakhir tahun di mana malam ini? Di Kota Palu terdapat sedikitnya 10 titik sebagai tempat menyambut tahun baru 2020. Ada acara dzikir akbar, ada pula hiburan malam.

Terkait dengan menyambut pergantian tahun itu, Satuan Lalu Lintas Polres Kota Palu akan melakukan rekayasa arus lalulintas di sejumlah titik jalan di Kota Palu, Selasa malam nanti. Rekayasa ini dilakukan untuk menghindari kemacetan.

Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Palu, IPTU Abdhi Hendriyatna S.IK, saat ditemui Metrosulawesi, Senin 30 Desember 2019 mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan masyarakat saat malam pergantian tahun.

Untuk kegiatan masyarakat itu berada di Lapangan Vatulemo, Wilayah Petobo dan Balaroa, Lapangan Salena, Area Patung Kuda Talise, Citra Land, Gong Perdamaian, Area Palu Squere dan Hutan Kota, Hotel Santika dan Cafe Sutan Raja Jalan Hangtuah, dan pusat perbelanjaan di jalan Hasanudin.

“Dari beberapa lokasi kegiatan itu, ada dua titik yang diwaspadai berpotensi kemacetan, yakni: Lapangan Vatulemo Palu dan Komplek Pertokoan Kota Palu di Jalan Hasanudin. Diprediksi akan terjadi penumpukan kendaraan di dua titik itu,” ungkapnya.

Kasatlantas juga mengatakan bahwa potensi penumpukan kendaraan di sekitar Lapangan Vatulemo Palu itu, dikarenakan di lapangan itu akan diselenggarakan zikir akbar pergantian tahun.

Sehingga Jalan Moh Yamin yang fungsinya sebagai salah satu jalan padat kendaraan, akan terjadi penumpukan kendaraan yang cukup banyak, hingga untuk jalan Moh Yamin dan sejumlah ruas jalan di sekitar Lapangan Vatulemo akan dilakukan rekayasa arus lalu lintas.

“Mungkin kalau dari arah utara padat kita akan alihkan ke Jalan Veteran, begitu juga kalau dari arah selatan, kita akan alihkan ke Jalan RA Kartini,” tambah Abdhi.

Sedangkan untuk pusat pertokoan, pihaknya juga akan menyiagakan personel lantas.

Diperkirakan di sekitar Tugu Nol Kota Palu akan terjadi penumpukan kendaraan, karena lokasi itu merupakan pusat keramaian dan jalan utama di pusat Kota Palu.

Perlu diketahui di malam pergantian tahun itu ada dua lokasi zikir akbar, di Lapangan Vatulemo dan di Dusun Salena Kelurahan Buluri.

“Tapi karena di Salena bukan jalan protokol atau jalan trans di sana mungkin akan diterapkan sistem buka tutup jalan saja,” tambahnya.

Satlantas Polres Palu menerjunkan sekitar 85 personel, untuk mengantasisipasi titik-titik jalan yang rawan kemacetan. Mereka akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang akan berkendara di malam pergantian tahun, agar hati-hati dan melengkapi surat-surat kendaraan,” terangnya.

Abdhi mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020.

“Mari jadikan pergantin tahun yang ini menjadi langkah baru bagi kita semua, dengan semangat baru dan membangun bersama Kota Palu yang kita cintai,” ucapnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas