Home Palu

Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin di Palu

200
Petugas BMKG melakukan pemantauan Gerhana Matahari Cincin. (Foto: Tahmil Burhanuddin/ Metrosulawesi)

Palu,  Metrosulawesi.id – Masyarakat di seluruh wilayah bisa menyaksikan gerhana matahari cincin pada Kamis 26 Desember 2019 hari ini, termasuk di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Sejumlah wilayah di Indonesia hari ini dilalui penampakan Gerhana Matahari Cincin (GMC). Kepala Stasiun Geofisika Klas I A Palu, Cahyo Nugroho menyebut GMC akan berlangsung dengan durasi sekitar 3 jam, sejak pukul 12.24 hingga 15.50 Wita. Namun penampakannya akan berbeda-beda di setiap wilayah.

“Gerhana matahari cincin ini di Palu diperkirakan tidak mencapai bentuk cincin seutuhnya, magnitudonya diperkirakan hanya sekitar 0,8 sampai 0,9,” ungkap Cahyo, Kamis 26 Desember 2019 di kantornya.

Bulan perlahan mulai menutupi matahari. (Foto: Tahmil Burhanuddin/ Metrosulawesi)

Pihaknya sendiri telah melakukan persiapan sejak pagi, untuk melakukan pemantauan. Menggunakan teleskop yang terkoneksi dengan monitor, pihak BMKG mempersilakan masyarakat untuk ikut menyaksikan.

Sementara pemantauan sempat terganggu oleh tebalnya awan. Namun pihak BMKG masih tetap melakukan pemantauan. Pantauan Metrosulawesi.id, saat ini bulan sudah mulai tampak menutupi sebagian kecil matahari. (*)

Reporter: Tahmil Burhanuddin

Ayo tulis komentar cerdas