Home Palu

Jelang Natal, Tim Jibom Brimob Sterilisasi Gereja di Palu

126
Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Sulteng, saat melaksanakan sterilisasi di dalam gereja di Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id– Jelang perayaan Hari  Natal 25 Desember 2019, tim penjinak bom (Jibom) Polda Sulawesi Tengah, melakukan sterilisasi sejumlah gereja-gereja di Kota Palu, Selasa 24 Desember 2019. Sterilisasi dilakukan petugas, agar umat Nasrani  dalam menjalankan ibadah berjalan lancar dana man.

Personel Jibom Brimob selain menggunakan alat metal detector dan mirror detector, saat penyisiran petugas juga menggunakan anjing pelacak. Dari pantauan Metrosulawesi.id di lokasi,  Penyisiran mulai dari luar hingga ke dalam gereja. Mereka menyisir setiap sudut gereja. Satu per satu ruangan yang ada di dalam gereja diperiksa secara teliti anggota Jibom Brimob Polda Sulteng.

Sementara di luar gereja,  kendaraan serta barang yang berada di dekat gereja, tak luput dari pemeriksaan petugas. Sebanyak belasan anggota Jibom sengaja diterjunkan Polres Palu sebagai bentuk antisipasi, terhadap kemungkinan adanya teror pada saat ibadah Natal.

Petugas melakukan steriliasi dalam gereja menggunakan anjing pelacak. (Foto: Ist)

“Dengan adanya kegiatan ini,  kita ada rasa tenang lah. Jadi mungkin rasa khawatir dan cemas itu bisa hilang.  Pengamanan dari polisi ini sangat membantu,’’  kata salah satu perwakilan pendeta di salah satu gereja di Kota Palu.

Kapolres Palu AKBP H.Moch Sholeh,SIK menuturkan, penyisiran ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan Natal. Adanya pengamanan ini, diharapkan mampu memberikan rasa aman, terhadap umat Kristiani saat menjalankan ibadahnya.

‘’Ini bentuk dari pemenuhan SOP (standar operasional prosedur) yang harus dilaksanakan oleh kepolisian agar  lokasi ini bisa digunakan untuk pelaksanaan Natal sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat,’’  ujar Moch. Sholeh seusai penyisiran. (*)

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas