Home Pendidikan

Taman Jati, Tawarkan Ragam Wahana Wisata Edukasi

792
WISATA - Sejumlah siswa TK, PAUD, SD dan SMP beserta orang tua murid, saat menikmati sejumlah wahana yang disediakan oleh Wahana Wisata Edukasi dan Rekreasi Taman Jati yang berada di Desa Langaleso, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sabtu, 21 Desember 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Wahana Wisata Edukasi dan Rekreasi Taman Jati yang berada di Desa Langaleso, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, menyediakan sejumlah wahana yang menarik untuk dikunjungi oleh para peserta didik, maupun masyarakat pada umumnya.

Pemilik Wahana Wisata Edukasi Taman Jati, Femmy Sangian, S.H., mengungkapkan, wahana yang disediakan di tempatnya antara lain, permainan anak-anak seperti Prosotan, Ayunan, Tangga Bergoyang, kemudian Terowongan, dan ada juga bernama Wahana Pohon Cita-Cita.

“Pohon Cita-Cita ini berbentuk panggung yang ada tangganya dan tali untuk memanjat. Jadi wahana ini mengibaratkan anak-anak ataupun kita, jika meraih cita-cita harus melalui tangga atau dengan pendakian sampai bisa meraihnya, kemudian ada juga wahana jembatan layang yang ditempatkan diantara pohon jati,” kata Femmy, Sabtu, 21 Desember 2019.

Selain itu, kata Femmy, tempat ini juga menyediakan Rumah Baca, yang bertujuan untuk mengembalikan rasa cinta anak-anak untuk membaca buku. Buku sebagai bahan bacaan adalah sumber ilmu pengetahuan.

“Jadi kita menginginkan pengunjung di tempat wisata ini bisa mencintai buku dengan membaca, sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Selain tempat bermain dan membaca, Femmy mengatakan, pihaknya juga menyediakan kolam renang khusus anak-anak dan dewasa, yang dilengkapi dengan Sauna. Pihaknya juga menyediakan cafe bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan.

“Ke depan, kami akan menyediakan rumah makan lesehan dengan ragam makanan, seperti menu ikan bakar dan lainnya. Kami juga menyediakan spot foto dan menara yang bernama Taman Jati, dengan ketinggian kurang lebih tiga tingkat,” ujarnya.

Femmy mengatakan, kawasan wisata ini dibuka mulai pukul 09.00 pagi hingga sore ataupun malam hari. Mengenai biaya untuk masuk di kawasan sebesar Rp10 ribu per orang dewasa maupun anak-anak, dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan, kecuali kolam berenang.

“Jadi yang dipungut untuk biaya mengunakan fasilitas hanya kolam berenang untuk anak-anak Rp20 ribu, sementara untuk dewasa Rp30 ribu. Sementara untuk mandi sauna, juga dikenakan pembayaran sebesar Rp75 ribu, namun dibebaskan untuk berenang di kolam,” jelasnya.

Kemudian kata Femmy, tempat wisata ini juga menyediakan panggung terbuka yang bisa digunakan untuk live music, event-event, pertunjukan-pertunjukan, baik modern maupun tradisional, kegiatan masyarakat, ataupun pemerintahan. Bahkan ditempat ini akan dibuka paket-paket pelaksanaan ulang tahun dan paket pernikahan.

“Kami berharap dengan dibangunnya wahana wisata ini dapat membangkitkan semangat masyarakat Sigi dan sekitarnya, utamanya anak-anak, agar mereka kembali semangat melihat bahwa Sigi ini akan bangkit kembali, bahkan di Sigi ini akan muncul tempat-tempat wisata. Karena kami yakin, di Sigi ini tetap kuat, aman, dan nyaman, karena pemandangannya cukup indah,” ujarnya.

Selain itu, kata Femmy, pihaknya juga ingin membangkitkan semangat ibu-ibu yang memiliki usaha-usaha UKM atau industri kecil, seperti makanan dan minuman. Kata dia, Rekreasi Taman Jati ingin bergandeng tangan bersama masyarakat menghidupkan ekonomi di Langaleso.

“Untuk jarak tempuh ke tempat wisata ini jika dari Kota Palu paling lambat 20 menit, dan akses ke tempat wisata ini sangat bagus, karena telah di aspal, sehingga jangkauan dari Kota Palu cukup dekat, yang jelas lokasinya begitu strategis,” ungkapnya.

Dengan adanya wahana wisata edukasi Taman Jati ini, kata Femmy, semoga bisa membangkitkan semangat untuk membangun lebih baik lagi, semangat berusaha dan bekerja, hingga mencapai cita-cita.

“Semoga wahana ini bisa menjadi salah satu wadah membimbing generasi penerus bangsa meraih cita-citanya,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas