Home Sigi Dolo Selatan Jadi Sentra Mebel

Dolo Selatan Jadi Sentra Mebel

118
Bupati Sigi Moh Irwan S.Sos,. M.Si menyerahkan bantuan hibah mesin peralatan bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Desa Baluase, Kecamatan Dolo Selatan, Jumat, 20 Desember 2019. (Foto: Ist)
  • Bupati Sigi Salurkan Bantuan Peralatan Kerja IKM

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi Moh Irwan S.Sos,. M.Si menyerahkan bantuan hibah mesin peralatan bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Desa Baluase, Kecamatan Dolo Selatan, Jumat, 20 Desember 2019.

Moh Irwan mengugkapkan bahwa, sektor pertanian masih menjadi sektor yang memberi kontribusi paling tinggi dalam struktur perekonomian daerah Kabupaten Sigi.

“Harapan kita, sektor perindustrian mampu mendorong peningkatan nilai tambah, hasil pertanian dalam arti luas di Kabupaten Sigi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, dengan adanya bantuan hibah mesin peralatan ini, kemajuan sektor IKM sebagai motor penggerak industri di pedesaan dapat tumbuh dan berkembang serta dapat memanfaatkan sumber bahan baku potensial menjadi produk unggulan daerah yang mempunyai nilai tambah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pendapatan masyarakat dan pengurangan tingkat pengangguran di Kabupaten Sigi.

Kata Bupati, pemerintah daerah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengalokasikan dana DAK 2020 untuk revitalisasi industri pada Kecamatan Dolo Selatan sebagai sentra industri mebel, fornitur dan olahan kayu lainnya dan Kecamatan Sigi Biromaru sebagai sentra industri bawang goreng.

“Besar harapan pemerintah Kabupaten Sigi kepada Camat Dolo Selatan dan kepala desa yang ada di Dolo Selatan untuk dapat segera menyiapkan kelengkapan administrasi dan kesiapan lahan untuk pelaksanaan pembangunan dan revitalisasi sentra IKM yang dipusatkan di Dolo Selatan sehingga persyaratan yang dibutuhkan oleh Dinas Perindag untuk pelaksanaan DAK 2020 bisa rampung di akhir tahun ini,” tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi, Adri DM Sing menjelaskan bahwa pemberian bantun mesin ini merupakan bagian dari program Bupati Sigi dan Wakil Bupati Sigi, menjadikan Sigi yang maju mandiri berbasis ekonomi dan kerakyatan.

“Saya juga berharap pada kelompok kiranya dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik mungkin, harapan pula pada kelompok kira ada bahan yang sudah dikelola akan dijual dengan sebaik mungkin,” pintanya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here