Home Palu

SMPN 12 Palu Gelar Khotmil Quran

203
KHATAM QURAN - Salah satu siswa SMPN 12 Palu saat membaca Al Quran di kegiatan Khotmil Quran ke-1, di sekolahnya, Jumat, 20, Desember 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 12 Palu menggelar Khotmil Quran ke-1, kegiatan itu merupakan salah satu program ekstrakurikuler SMP tersebut. Menurut Kepala SMP Negeri 12 Palu, Yusri, eksrakurikuler di sekolahnya dinamakan Pengembangan Minat dan Bakat (Pemikat).

“Salah satu program Pemikat itu adalah qiroatul quran artinya membaca Quran. Tujuan dari ekstrakurikuler qiroatul quran itu, karena kami melihat cukup banyak anak-anak yang masih susah membaca Quran, baik secara lancar atau sama sekali tidak bisa,” jelas Yusri, melalui ponselnya, Jumat, 20 Desember 2019.

Olehnya, kata Yusri, ada keinginan atau kemauan dari para siswa cukup tinggi untuk belajar Al Quran, maka SMPN 12 Palu membuat kegiatan ekstrakurikuler bernama qiroatul quran.

“Kegiatan ini dilaksanakan dari tahun lalu, sebagai hasil dari program tersebut. Maka akhir tahun, pada Desember tepatnya hari ini (kemarin-red) diadakanlah kegiatan Khotmil Quran ke-1,” ujarnya.

Kata Yusri, ada 13 siswa yang mengikuti Khotmil Quran yang bisa dikhatamkan, atau sudah lancar membaca Al-Quran hingga juz 30.

“Pada kegiatan itu dihadiri oleh orang tua siswa, termasuk komite, dan beberapa tokoh masyarakat. Pada saat pembukaan ada beberapa tanggapan yang cukup apresiatif, khususnya dari tokoh masyarakat, karena memang pada dasarnya mereka mendambakan anak-anak mereka, tidak hanya dibimbing dan dibina dari segi akademik, tetapi juga dari spiritual,” katanya.

Sebab kata Yusri, para tokoh masyarakat ini telah mengetahui SMPN 12 Palu ini sudah cukup bagus, tetapi mereka sangat berharap segi spirutual harus dikembangkan.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas