Home Ekonomi

Menutup 2019, PT Taspen Luncurkan Logo Baru

1019
LOGO BARU - Inilah logo baru dari PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen). (Foto: Ist)

  • Perkokoh Identitas Perusahaan

Palu, Metrosulawesi.id – Menutup tahun 2019, PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) Persero tampil dengan logo terbaru. Perubahan logo ini sebagai wujud komprehensif dalam memperkokoh identitas perusahaan dan adjustment corporate identity selaras dengan perubahan visi-misi yang telah dilakukan sebelumnya.

Pimpinan PT Taspen Cabang Palu, Imam Syaerubahan logo ini merupakan bagian dari proses perubahan yang dijalani BUMN yang mengelola dana pensiun tersebut. Menurutnya, melihat kilas balik di tahun 1960 dimana awal jaminan sosial bagi Abdi Negara hadir di Bumi Pertiwi.

“Terkait dengan Kesejahteraan Pegawai Negeri, telah ditetapkan pembentukan jaminan sosial sebagai bekal bagi Pegawai Negeri dan keluarganya di saat mengakhiri pengabdiannya kepada negara. Pada tanggal 17 April 1963, pemerintah mendirikan Perusahaan Negara Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PN Taspen),” ucapnya, Jumat 20 Desember 2019.

Diungkapkannya, melalui Peraturan Pemerintah RI Nomor 25 Tahun 1981, pemerintah meningkatkan status PN Taspen menjadi Perseroan Terbatas. Dilanjutkan dengan atraksi yang melambangkan layanan Taspen tersebar di seluruh Indonesia.

Imam Syari’at. (Foto: Ist)

“Perubahan logo ini merupakan wujud optimisme Taspen untuk terus mengayomi seluruh peserta melalui layanan dan inovasi yang terus berkembang sehingga di tahun 2020 dan seterusnya pertumbuhan bisnis TASPEN akan sangat baik dan bergerak positif,’’ ujar Imam Syari’at.

Seiring 56 tahun perjalanan TASPEN, perubahan dilakukan secara terus – menerus melalui inovasi dan re-branding corporate identity guna meningkatkan performa perusahaan kearah yang lebih baik serta memberikan kepercayaan lebih kepada para peserta dan stakeholder.

“Logo baru Taspen ini merepresentasikan tunas yang tumbuh bergerak naik menjadi sebuah pohon yang kokoh dan membumi dengan akar yang kuat terpancang. Tercermin dari semangat Taspen yang terus berkembang dari sisi Layanan dan Asset Perusahaan demi kesejahteraan,” terangnya.

Selain itu, tagline yang berganti menjadi “ANDAL MELAYANI” mencerminkan pelayanan TASPEN kepada ASN dan Pejabat Negara adalah yang terbaik dan terpercaya.

Melalui langkah baru ini, Taspen terus berkomitmen menjadi Perusahaan Jaminan Sosial ASN Bertaraf Internasional untuk kesejahteraan Peserta dan mendukung Pembangunan Nasional Secara Inovatif dan Berkelanjutan.

Peluncuran dilakukan, Kamis 19 Desember 2019, bertempat di ruang Auditorium Kantor Pusat PT Taspen (Persero) Jakarta.

Dalam rilisnya, Direktur Utama PT Taspen, Iqbal Latanro menjelaskan, perjalanan PT Taspen dari awal berdiri yang bertugas mengelola dana pensiun, kini sudah berkembang dari berbagai bisnis dan bermitra yang dijalani sehingga dapat merambah hal lainnya seperti melakukan investasi. Dalam hal pelayanan pun terus diperbaiki. Hal tersebut bisa tercermin dari logo baru PT Taspen. Tampilan baru ini juga mewakili semangat untuk selalu memberikan pelayanan terbaik.

“Tentunya perubahan ini membutuhkan spirit dan semangat baru. Untuk itulah kami berganti logo atau melanjutkan transformasi dengan logo baru,” katanya saat launching logo baru PT Taspen.

PT Taspen hadir dengan logo yang lebih sederhana dengan tulisan taspen berwarna nighttime blue dengan huruf kecil dan ada sentuhan daun berwarna nighttime dan kuning. Tampilan logo baru ini bukan hanya sekadar berubah bentuk, tetapi setiap pergantiannya memiliki arti dan maknanya sendiri.

Iqbal mengatakan, gambar tunas di logo perusahaan yang dipimpinnya itu memiliki makna kekuatan dan membumi. Ibarat tunas yang menancap di bumi yang akan tumbuh menjadi pohon besar dan semakin kuat. Seperti itu juga PT Taspen diharapkan tumbuh. Begitu pula daun yang mewakili visi PT Taspen yang untuk bergerak naik.

Kreasi huruf ‘t’ yang menggambarkan para karyawan yang kreatif dan tidak monoton. Pemilihan huruf kecil juga bermakna membumi yang menggambarkan karyawan yang bersahabat dan melayani dengan baik para nasabah maupun mitra.

“Tingkat kepuasan nasabah mendekati kurang lebih 99 persen untuk para pensiunan 98 persen untuk peserta aktif ini mencerminkan bagaimana taspen memberikan pelayanan,” ujarnya.

Warna nighttime blue yang dominan menandakan PT Taspen solid, stabil dan berkompeten dalam melakukan tugasnya. Warna kuning yang ada juga merepresentasikan akuntabilitas.

Iqbal berharap perubahan logo ini bukan hanya perubahan tampilan ataupun simbol tetapi juga tercermin dalam kinerja PT Taspen ke depannya.

“Semoga sahabat-sahabat saya, karyawan Taspen seluruh indonesia menyambut ini dengan spirit baru, optimisme baru. Insya Allah kita bisa tampil lebih baik dan melayani lebih baik sehingga semua stakeholder dapat memperoleh pelayanan lebih baik. Kemudian komitmen investasi yang kuat sehingga kita semakin besar semakin bisa memayungi semua peserta yang meletakkan harapannya pada kita,” tutup Iqbal. (adv)

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas