Home Palu

Ops Lilin Tinombala 2019, Polres Palu Dirikan Sembilan Pos

178
RAKOR - Suasana Rapat Kordinsi Lintas Sektoral persiapan Oprasi Lilin Tinombala 2019, di Aula Rupatama Polres Palu, Rabu 18 Desember 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepolisian Resor (Polres) Palu akan mendirikan sembilan pos untuk mendukung Operasi Lilin Tinombala 2019, dalam rangka perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hal itu diungkapkan oleh Kabag Ops Polres Palu, Kompol. Andi Saiful Arif, dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral persiapan Oprasi Lilin Tinombala 2019 di Aula Rupatama Polres Palu, Rabu, 18 Desember 2019.

Dalam kesempatan itu, Kompol. Andi menjelaskan, sembilan pos itu terdiri dari lima Pos Pengamanan (Pos Pam) dan empat Pos Pelayanan, yang rencananya didirikan di Jalan Towua, Jalan Sudirman, Jalan Patimura (Maesa), Jalan Balaikota Lapangan Vatulemo, dan Hutan Kota untuk Pos Pengamanan. Sedangkan untuk Pos Pelayanan, berada di Bandara Mutiara Palu, Terminal Mamboro, Terminal Tipo, dan kawasan K3 Pantoloan.

“Pada operasi ini, Polres Palu akan menurunkan 350 personil, dan melibatkan sedikitnya 150 personel dari instansi terkait,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal, kata Andi, pihaknya akan menerjunkan Personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan patroli rutin, sambil melakukan pendataan rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya. “Sedangkan untuk daerah rawan terjadi kemacetan, kami akan dibantu Personel Dishub,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Palu, AKBP. Moch Sholeh, yang diwakili Wakapolres, Kompol. Abdul Azis mengatakan, rakor lintas sektoral ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki operasi yang sama tahun lalu.

Wakapolres berharap agar semua pihak berperan dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, dan tetap waspada terhadap segala ancaman yang akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Operasi Lilin Tinombala 2019 sasarannya adalah pengamanan, baik bagi umat Kristiani yang akan merayakan Natal maupun wisatawan yang akan menghabiskan waktu liburan. Jadi perlu adanya kerjasama berbagai pihak terkait, termasuk masyarakat dalam menjaga kamtibmas,” tutupnya.

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral persiapan Operasi Lilin Tinombala 2019 ini turut dihadiri para pejabat utama Polres Palu, Pasie Ops Kodim 1306 donggala, Ketua MUI Kota Palu, Kadishub Palu, Kasie Dalops Satpol PP, Organda, Kasie Ops Damkar, Kasubag Pelayanan Jasa Rahardja, Ketua PMI, dan perwakilan lintas agama Kota Palu, serta para Kapolsek.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas