Home Sulteng

Hidayat: Pengemudi Utamakan Keselamatan Penumpang

188
PELEPASAN - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Mohamad Hidayat, saat melepas pemudik gratis di jalan Sam Ratulangi Palu, Kamis, 19 Desember 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

  • Dishub Berangkatkan 386 Pemudik Gratis

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Perhubungan memberangkatkan sebanyak 386 pemudik gratis, Kamis, 19 Desember 2019. Pemberangkatan dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Mohamad Hidayat, di jalan Sam Ratulangi Palu.

Hidayat mengatakan, pelaksanaan mudik gratis ini merupakan salah satu upaya pemerintah, yang siap hadir melayani masyarakat kurang mampu, guna mewujudkan salah satu tugas pemeritahan yakni memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian perhatian dari pemerintah terhadap seluruh masyarakat yang kebetulan berdomisili di Kota Palu, sehingga kemudian akan merayakan Hari Raya Natal di kampung halamannya,” kata Hidayat.

Kata Hidayat, pemerintah mengharapkan kepada warga yang melakukan mudik ini, agar memanfaatkan mudik sebaik-baiknya, sehingga tidak ada lagi pemudik yang jumlahnya terlalu besar serta mengunakan kendaraan sepeda motor dengan jarak tempuh yang cukup jauh untuk pulang ke kampung halamannya.

“Saya mengimbau kepada pengemudi Bus yang hari ini (kemarin-red) mengantarkan saudara-saudara kita kembali ke kampung halamanya, untuk senangtiasa menjaga keamanan, keselamatan penumpang, serta menjaga kesehatan, dan mentaati rambu-rambu lalu lintas, selalu mengutamakan keselamatan para penumpang,” ujarnya.

Hidayat berharap, perayaan natal tahun ini dapat mengantarkan kembali kepribadian dan keimanan, serta perbaikan hubungan persaudaraan dan toleransi dan peningkatan aktifitas kerja dalam pengabdian sehari-hari.

“Semoga tahun 2020 nanti menjadi sebuah harapan baru dalam bangkit dan kuatnya semangat kebersamaan kita semua, untuk membangun Sulteng dalam menuju yang maju mandiri dan beradaya saing,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Sulteng, Sumarno SE, mengungkapkan, tujuan dilaksanakanya mudik gratis ini adalah untuk menekan angka kecelakaan, mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan raya, serta meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di jalan selama priode angkutan natan dan tahun baru.

“Untuk jalur mudik natal tahun ini adalah jalur Palu-Poso dengan jumlah penumpang 8 orang, sementara Palu-Tentena 60 orang, Palu-Morowali Utara 16 orang, Palu-Morowali 32 orang, Palu-Ampana 32 orang, Palu-Luwuk, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan 160 orang, Palu-Tolitoli 40 orang, Palu-Buol 22 orang, Palu-Moutong 16 orang, total yang berangkat sebanyak 386 orang, dengan mengunakan Bus yang disiapkan oleh pemerintah sebanyak 34 kendaraan,” jelasnya.

Reporter: Moh Fadel, Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas