Home Politik

DPRD Sigi Tetapkan Empat Perda

140
Bupati Sigi, Moh Irwan bersama Ketua DPRD Sigi, Moh Rizal Indjenae saat menandatangani persetujuan empat buah ranperda menjadi perda. (Foto: Ariston Aporema Sorisi/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sempat tertunda, akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sigi menetapkan empat buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam sidang paripurna ke enambelas masa sidang pertama.

Sidang paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sigi, Moh Rizal Indjenae, Kamis, 19 Desember 2019.

Empat Ranperda yang ditetapkan menjadi perda yakni sistem penyediaan air minum, penyelenggaran kesejahteraan sosial, pembentukan Kecamatan Sigi Kota dan penyertaan modal daerah pada PT. Bank Sulteng. Adapun perubahan kalimat pada ranperda tersebut.

“Ranperda ini hampir setengahnya mengalami perubahan di pansus. Jadi judul awalnya memang pengelolaan air minum, didalam pembahasan kita mengacu peraturan yang kita pedomani. Mengalami perubahan judul menjadi sitem penyediaan air minum atau spam,” ungkap ketua Pansus II, Abdul Rifai Arif saat membacakan laporan pembahasan pansus II.

Kemudian kata Rifai, pembahasan pembentukan Kecamatan Sigi Kota sangat menguras pemikiran dan tenaga sehingga pansus II memberikan waktu satu hari untuk pertemuan dengan tim forum pemekaran dan kepala desa yang terkait wilayah pemekaran Kecamatan Sigi Kota.

“Alhamdulillah pada pertemuan pansus II bersama kepala desa yang tergabung dalam forum pemekaran kecamatan Sigi Kota, pada prinsipnya setuju dan tidak ada masalah,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sigi Moh Irwan, S.Sos., M.Si dalam menyampaikan pendapat akhirnya, menyampaikan terimakasih kepada anggota, fraksi-fraksi DPRD Sigi yang tergabung dalam pansus II yang telah membahas ranperda tersebut.

Moh Irwan juga mangatakan, dengan disetujuinya empat ranperda tersebut diharapkan dapat menjadi payung hukum yang jelas dalam menerapkan kebijakan pemerintah daerah untuk melaksanakan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sigi.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas