Home Parigi Moutong

69 Panwascam Bertugas di Pilgub Sulteng

199
Muhclis Aswad. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Parigi Moutong, mengumumkan 69 Panwascam yang terpilih berdasarkan hasil seleksi Computer Assisted Test dan wawancara. Berdasarkan peraturan badan pengawas pemilihan Republik Indonesia nomor 19 tahun 2017 sebagaimana diubah nomor 8 tahun 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong Muhclis Aswad kepada media ini Rabu 18 Desember 2019 mengatakan, setelah melakukan penilaian pemeriksaan administrasi, tes tertulis dan wawancara, maka dilakukan pengumuman nama-nama yang dinyatakan lulus.

“Sesuai tahapan perekrutan panwascam, Bawaslu melakukan sosialisasi serta membuka pendaftaran hingga pengumuman akhir,” ungkapnya.

Disebutkan, 69 orang yang terpilih dan ditempatkan pada 23 Kecamatan, setiap Kecamatan berjumlah tiga orang dilakukan rapat pleno kelima pimpinan komisioner Bawaslu. Dalam rapat pleno itu, setiap panwascam ditentukan berdasarkan hasil tes CAT yang langgsung terkirimkan ke Bawaslu RI, dan hasil wawancara, kemudian disandingkan kedua data tersebut.

“Makanya tahapan wawancara, kami lakukan perekaman selama proses tersebut, apabila ada yang keberatan akan kita perlihatkan video yang kami simpan, dan akan dikirimkan kepusat,” terangnya.

Ia mengatakan, dalam tahapan pendaftaran dan yang memasukan berkas sebanyak 269 orang, namun setelah dilakukan verifikasi berkas, yang dinyatakan lulus 262 orang.

Lebih jauh lagi, ditahap tes tertulis dan wawancara dari jumlah yang dinyatakan lulus, terdapat beberapa peserta mengundurkan diri, dan telah melapor kepada Pokja perekrutan panwascam.

“Tahap tes tertulis dan wawancara beberapa diantaranya mengundurkan diri, secara otomatis tidak dapat mengikuti seleksi,” jelasnya.

Ditambahkan, setelah adanya pengumuman ini, panwascam yang dinyatakan lulus, harus memenuhi satu tahap lagi, yakni melengkapi persyaratan surat pernyataan bebas dari penyalahgunaan narkotik yang dikeluarkan Rumah Sakit atau puskesmas.

“Sebelum pelantikan tanggal 22 Desember mendatang, mereka harus melengkapi persyaratan tersebut,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas