Home Nasional

SMPN 1 Palu Target Medali di ISPO Nasional

242
PRESENTASI - Dua siswi SMPN 1 Palu yang lolos di ISPO tingkat nasional saat presentasi dihadapan sejumlah dosen di suatu kegiatan yang digelar oleh SMPN 1 Palu belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Empat siswa-siswi SMP Negeri 1 Palu yang tergabung dalam dua tim, mewakili provinsi Sulawesi Tengah mengikuti ajang Indonesia Sains Project Olympiad (ISPO) tingkat nasional di Jakarta, 21-23 Februari 2020.

Guru Pembimbing, Isnawati Nurdin, mengungkapkan, dua tim dari SMPN 1 Palu yang lolos merupakan Tim Fisika dan Tim Teknologi, dari jumlah tim yang lolos ke tingkat nasional se-Indonesia sebanyak 132 tim, salah satunya adalah tim dari SMPN 1 Palu.

“Yang mengikuti ajang ISPO ini bukan hanya jenjang SMP, tetapi ada juga jenjang SMA, sehingga persaingan dalam mengikuti perlombaan nanti cukup ketat, sebab yang mengikuti ratusan peserta dari berbagai sekolah di Indonesia,” kata Isnawati, di ruang kerjanya, Rabu, 18 Desember 2019.

Isnawati mengatakan, para peserta nanti akan mempresentasikan karya ilmiahnya dihadapan Dewan Juri. Untuk Tim Fisika SMPN 1 Palu, kata dia, akan membawakan karya ilmiah dengan judul Studi Potensi Energi Angin di Wilayah Likuefaksi Petobo. Sementara untuk Tim Teknologi SMPN 1 Palu, akan membawakan judul Inovasi Hijab Syar’i Bagi Pengguna Kendaraan Motor Roda Dua.

“Selain presentasi dihadapan dewan juri, para peserta juga akan mengikuti pemeran dengan memamerkan hasil karya ilmiahnya, sehingga untuk tim teknologi akan membawa jilbab syar’i,” ujarnya.

Isnawati mengatakan, dalam presentasi dihadapan juri, para peserta akan menggunakan Bahasa Inggris. Olehnya itu, saat ini sejumlah siswa SMPN 1 Palu yang terbagi dalam dua tim itu tengah melakukan persiapan, agar ketika presentasi karya ilmiah dihadapan dewan juri bisa lancar dan sukses.

“Sebelumnya, siswa kami sudah pernah ikuti ISPO ini dan pernah mendapatkan medali perunggu dan penghargaan. Namun untuk kali ini Tim Fisika baru pertamakali mengikuti,” katanya.

Isnawati berharap, para siswanya yang mengikuti ISPO mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Pihaknya pun  menargetkan meraih medali pada ajang ini.

“Alhamdulillah, dalam hal bimbingan, kurang lebih tiga bulan kami sudah lakukan, bahkan untuk melatih mental siswa, kemarin mereka sudah presentasi di depan para dosen, membawakan karya ilmiah mereka di ISPO, dan respon dari para dosen menyatakan sudah bagus. Hanya saja presentasi versi Bahasa Inggris belum dilakukan, sehingga kami akan terus melakukan pembinaan,” ujarnya.

Isnawati mengatakan, untuk siswa yang lolos masing-masing bernama Indi Putri Diva, Salsabila Rahmawati, kedua ini merupakan Tim Teknologi. Sementara Tim Fisika adalah Anindita Avrillia Siombo dan Najwa Putri Larasati.

“Kami berharap perolehan medali yang seperti di dapatkan pada tahun-tahun sebelumnya dapat di pertahankan, kemudian para siswa kami dapat tampil yang terbaik pada ISPO kali ini,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas