Home Politik

Tidak Kuorum, Empat Buah Ranperda Batal Ditetapkan

246
Empat buah Ranperda harus ditunda penetapannya karena Rapat paripurna DPRD Kabupaten Sigi, Rabu 18 Desember 2019 tidak kuorum. (Foto: Ariston Aporema Sorisi/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sigi, dengan agenda pengambilan keputusan empat buah rancangan peraturan daerah (ranperda) menjadi peraturan daerah, Rabu, 18 Desember 2019, ditunda.

Pasalnya, dari 30 anggota DPRD Sigi, yang hadir hanya 15 orang. Berdasarkan tatib, kuorum tidak tidak terpenuhi.

Meskipun pimpinan sidang sudah memberikan toleransi skorsing selama 1jam 30 menit, tetap saja jumlah anggota dewan tidak kuorum. Rapat sedianya dimulai pukul 10.00 namun hingga pukul 11.30 kuorum tidak juga terpenuhi.

“Dalam pengambilan keputusun, dalam tatib kami harus 20 orang paling rendah, kan tadi itu hanya 15 orang. Maka berdasarkan tata tertib, mekanisme yang harus kami jalankan dan itu aturan maka harus diskorsing,” jelas Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Indjenae saat ditemui.

Moh Rizal Indjenae yang memimpin rapat tersebut juga mengatakan, rapat pengambilan keputusan empat buah ranperda di tunda bukan hanya karena tidak kuorumnya anggota yang hadir, melainkan juga ada fraksi yang tidak bisa hadir yakni fraksi PDI Perjuangan.

“Ya ditunda. Ketidak hadriannya teman-teman ini karena, hari ini (kemarin) fraksi PDI Perjuangan sekarang ada di kulawi tempat bencana. Dan juga bila kuorum bisa tercapai tapi satu fraksi tidak ada, ini juga akan jadi pertanyaan, karena ini pengambilan keputusan,” ungkapnya.

Rizal menambahkan, sebagian anggota DPR yang tidak sempat hadir itu sedang melakukan pengecekan kesehatan yang sudah menjadi agenda rutin bagi para anggota.

“Karena sebagian teman-teman ini ada di medical cekup, karena hari ini terakhir. Mungkin meraka menganggap pergi pagi, jam 10 sudah disini. Mungkin administrasi disana lain. Bukan karena ketidak disiplinan,” ujarnya.

Sesuai keputusan pimpinan, rapat ditunda paling lama tiga hari. Jika dalam waktu tiga hari tidak terlaksana, maka akan dijadwalkan kembali oleh Bamus.

Sesuai kesepakatan anggota yang hadir maka rapat ditunda hari ini Kamis, 19 Desmber 2019.

“Karena besok bisa, disetujui oleh paripurna, maka besok (hari ini) kita lanjutkan kembali,” tutupnya.

Diketahui empat buah ranperda yaitu ranperda tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial dan potensi sumber kesejahteraan sosial, ranperda tentang pengelolaan air minum, ranperda tentang penyertaan modal daerah pada PT.Bank Sulteng dan terakhit ranperda tentang pembentukan Kecamatan Sigi Kota.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas