Home Pendidikan

Laporan Sekolah Diharapkan Bisa Akuntabel

134
Kabid Pembinaan SMK Dinas Dikbud Sulteng Hj Hatijah Yahya menjadi salah satu narasumber pada kegiatan bimtek penyusunan laporan akhir DAK fisik SMK di Hotel Santika, Rabu sore (17/12). (Foto: Syahril Hantono/ Metrosulawesi)

  • Terkait Laporan Akhir DAK Fisik SMK Tahun 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Pelaksanaan pembangunan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik SMK tahun 2019, segera memasuki tahapan pelaporan. Masing-masing SMK di Sulteng yang menerima DAK fisik tersebut diharapkan bisa membuat laporan akhir yang dapat dipertanggungjawabkan dari segi akuntabilitasnya. 

Karena itulah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulteng menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan laporan akhir DAK Fisik SMK tahun anggaran 2019, di Hotel Santika, Selasa, 17 Desember 2019. 

Kadis Dikbud Sulteng H Irwan Lahace dalam sambutannya membuka kegiatan itu mengharapkan masing-masing sekolah (SMK) penerima DAK Fisik dapat menyampaikan laporan akhir DAK yang secara prinsip dapat dipertanggungjawabkan dari segi akuntabilitasnya.

Irwan Lahace mengatakan, laporan akhir yang dimaksud adalah berisi laporan keuangan dan laporan fisik pembangunan maupun rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan. Pelaporan ini sudah disepakati melalui MoU dua pihak terkait.

”Tujuannya laporan akhir selain sebagai informasi tentang posisi keuangan dan fisik lapangan, juga menjadi kontrol, evaluasi terhadap pelaksanaan pekerjaan,” kata Irwan Lahace. 

Irwan menambahkan pemerintah sangat menaruh perhatian terhadap dunia pendidikan. Ini bisa dilihat dengan peningkatan alokasi DAK fisik SMK yang signifikan. Menurut Kadis, peningkatan anggaran itu merupakan kesempatan baik untuk lebih memajukan kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja.  Karena itu, lanjut Kadis, keberanian mengubah dan berinovasi sangat penting untuk mengimbangi perkembangan kemajuan zaman.

”Karena keberhasilan generasi yang akan datang bergantung pada hasil dan proses atau gebrakan yang kita lakukan sekarang,” kata Irwan Lahace.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas