Home Palu

Imigrasi Palu Buka Layanan Prioritas Lansia

359
PELAYANAN LANSIA - Petugas Imigrasi Palu saat pelayanan prioritas bagi lansia di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Selasa, 17 Desember 2019. (Foto: Ist)

  • Siapkan Kursi Roda dan Tak Antri Lama

Palu, Metrosulawesi.id – Imigrasi Kelas I TPI Palu menindaklanjuti layanan ramah Hak Asasi Manusia (HAM) yang dicanangkan Direktorat Jenderal Imigrasi. Plt Kepala Imigrasi Kelas I TPI Palu, Sunaryo, menerangkan dalam menindaklanjuti layanan ramah HAM pihaknya menyiapkan layanan prioritas berupa fasilitas kursi roda beserta jalurnya bagi pemohon paspor lanjut usia (lansia) di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu.

“Dan juga tidak perlu mengantri lama untuk dilayani oleh petugas,” ujar Sunaryo di Palu, Selasa, 17 Desember 2019.

Dia mengatakan pelayanan prioritas dimulai dari penerimaan berkas pemohon tersebut yang langsung dilayani oleh petugas agar segera dapat diproses permohonannya sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama seperti pengambilan biometrik foto, sidik jari dan wawancara.

Pelayanan ini seperti yang terlihat kepada pemohon yang berasal dari Kabupaten Touna, dengan usia 76 tahun yang rencananya akan menggunakan paspor untuk perjalanan ke Arab Saudi dalam rangka ibadah umroh.

Sebelumnya, Sunaryo mengatakan pengurusan paspor kini kian mudah dengan adanya kerjasama Kantor Imigrasi Palu dengan Kantor Pos Kota Palu. Kerjasama ini untuk kemudahan pengurusan paspor seperti pembayaran PNBP Keimigrasian dan Jasa pengiriman paspor.

Kerjasama layanan Kantor Imigrasi Palu dengan Kantor Pos sebagai bentuk kontribusi nyata dalam percepatan pelayanan paspor. Kantor Pos menyediakan unit mobile yang standby di Kantor Imigrasi Palu sehingga pemohon bisa langsung membayar PNBP jika sudah mendapatkan pengantar resi pembayaran.

Selain itu, pemohon bisa mendapatkan layanan antaran paspor sampai di rumah dengan tambahan biaya pengantaran. Dipastikan dalam pengirimannya, paspor akan diperlakukan khusus dan dikemas sedemikian rupa karena merupakan dokumen negara.

Sunaryo mengatakan untuk saat ini layanan kemigrasian telah normal setelah sebelumnya sempat terkendala jaringan. Masyarakat dipersilakan mendatangi kantor Imigrasi Palu jika ingin mengurus paspor.

“Petugas kami akan terus membuka layanan kemigrasian sesuai hari dan jam kerja kantor,” tandas Sunaryo.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas