Home Palu

Basarnas Palu Gelar Apel Siaga SAR Persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

522
Jajaran Pencarian dan Pertolongan Palu, Sulawesi Tengah (Basarnas Palu) menggelar Apel Siaga SAR Khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Rabu 18 Desember 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Bertempat di pelataran  Kantor  Pencarian dan Pertolongan Palu, Sulawesi Tengah ( Basarnas Palu) menggelar Apel Siaga SAR Khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Rabu 18 Desember 2019. Apel tersebut dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan Basarnas Palu  untuk mendukung pelaksanaan arus mudik dan liburan natal tahun baru (Nataru).

Dalam sambutanya Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito yang dibacakan Kepala Basarnas Palu, Basrano,  berpesan, seluruh personel Basarnas untuk menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat utamanya masyarakat Sulawesi Tengah, yang akan membutuhkan pelayanan SAR dimana dan kapanpun dibutuhkan.

Maka seluruh personil siaga SAR khusus natal 2019 dan tahun baru 2020 untuk menjaga sinergitas antar pelayan masyarakat baik TNI/Polri dan seluruh porsonil SAR, agar menjaga kekompakan di lokasi kecelakaan dan bencana dalam memberikan pelayanan yg terbaik kepada masyarakat korban bencana maupun kecelakaan

Dikatakan Basrano, seluruh personil siaga SAR khusus natal dan tahun baru harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas karena tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yg memiliki medan operasi cukup berat

“Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Nataru dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal, untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan natal dan tahun baru. Selain itu,  pemantauan kawasan wisata strategis secara profesional, sinergi dan militan,’’ ujar Basrano.

Pada kesepatanitu juga, Basrano menyampaikan  siaga Natal dan Tahun baru dimulai dari tanggal 18 Desember 2019 sampai dengan 8 Januari 2020. Ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam memberikan rasa aman, nyaman dalam melaksanakan arus mudik maupun balik dalam rangka perayaan natal dan tahun baru.

Adapun daerah-daerah strategis khusus yang difokuskan Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu adalah jalur transportasi laut, dimana kita selalu tergabung dan berkoordinasi dengan pihak maritim se Sulawesi Tengah dan  ada posko gabungan di Pantoloan.

Selain itu, lanjut Basrano,  jalur transportasi darat,  lokasi-lokasi tempat wisata baik di pantai dan pegunungan misalnya danau tambing dan lain-lain dimana bagian-bagian ini tidak terpisahkan oleh Kantor pencarian dan pertolongan Palu untuk selalu siap siaga dalam memberikan pelayanan kepada siapa saja yang merayakan Natal dan Tahun baru 2020.           

Adapun personil yang disiagakan yakni personil yang berada di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Personil Pos Pencarian dan Pertolongan Parigi Moutong, Pos Pencarian dan Pertolongan Luwuk, Unit Siaga SAR Morowali dan Unit siaga SAR Tolitoli. Selain personil juga kesiapan alut terdiri dari KN SAR Bhisma, 409, RIB (Rigid Implatable Boat), kendaraan SAR Darat, dan Rubber Boat. (*)

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas