Home Palu

536 Pelamar Tak Lolos Verifikasi Berkas

371
IKUT VERIFIKASI - Tampak pelamar CPNS Kemenkumham Sulteng saat mengikuti verifikasi berkas dan pengukuran tinggi badan, Senin, 16 Desember 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id –  Sebanyak 536 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lulusan SMA sederajat di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng tak lolos verifikasi berkas dan pengukuran tinggi badan. Verifikasi dan pengukuran tinggi badan dilakukan di Kantor Kemenkumham Sulteng di Palu, Senin, 16 Desember 2019.

Verifikasi dan pengukuran tinggi badan yang dilakukan Kemenkumham Sulteng merupakan hari pertama. Dari 536 yang dinyatakan tak lolos sebagian karena tidak hadir sebanyak 285 orang. Dijadwalkan hari pertama sebanyak 1.600 peserta namun yang hadir untuk melakukan seleksi hanya 1.315 orang. Dari peserta yang hadir tersebut dinyatakan lulus verifikasi berkas dan pengukuran tinggi badan sejumlah 1.064 peserta.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah, Zulkifli, mengawasi langsung verifikasi dan pengukuran tinggi badan. Kakanwil didampingi Kepala Biro Keuangan, Wisnu Nugroho Dewanto.  Turut menyaksikan panitia seleksi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dan Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Tengah, Sofyan Farid Lembah, yang terjun langsung dilapangan untuk melihat seleksi.

“Dengan adanya pengawasan langsung dari instansi terkait dalam hal ini Ombudsman dan Panitia Seleksi Kemenkumham Pusat, proses seleksi yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kememenkumham Sulawesi Tengah cukup transparan dan dapat dipantau dengan baik,” ucap Zulkifli.

Verifikasi berkas dan pengukuran tinggi badan dimulai jam 08.00 WITA meliputi verifikasi unggah berkas, pengukuran tinggi badan dan cetak kartu ujian. Terlihat antusiasme pelamar yang dinyatakan lulus administrasi secara online sudah memadati Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah sejak pagi hari.

“Untuk proses seleksi pada hari pertama sudah baik, walaupun ada satu dua kendala terkait jaringan internet namun panitia seleksi daerah cukup sigap dalam penanganannya,” tambah Kepala Divisi Administrasi, Burhazir Zamda R, saat evaluasi kepanitiaan.

Proses seleksi verifikasi berkas dan pengukuran tinggi badan dijadwalkan hingga Jumat, 20 Desember 2019. Diharapkan hari-hari berikutnya panita terus melakukan proses seleksi secara transparan dan maksimal serta mengayomi para calon-calon reformer.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas