Home Sulteng

Mudik Gratis Diberangkatkan 19 Desember

148
MUDIK GRATIS - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat Lamakarate, didampingi pihak terkait melepas mudik gratis dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah di Jalan Sam Ratulangi Palu, Rabu, 29 Mei 2019. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulteng akan memberangkatkan penumpang mudik gratis dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2020 pada 19 Desember mendatang. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, Sumarno, kepada Metrosulawesi, Senin, 16 Desember 2019.

“Rencananya mudik gratis akan dilepas bapak gubernur di Jalan Sam Ratulangi Palu,” ungkapnya.

Sumarno mengatakan pendaftaran mudik gratis masih dibuka hingga 18 Desember di Kator Dishub Sulteng Jalan Kartini Palu. Adapun jumlah pendaftar saat ini telah mencapai 300 orang. Ratusan pendaftar mudik gartis ini dengan berbagai tujuan di wilayah Sulawesi Tengah.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan program mudik gratis disilakan mendaftarkan diri dengan membawa kartu tanda penduduk dan kartu keluarga sebagai syarat pendaftaran. KTP diwajibkan sebagai syarat agar bisa memanfaatkan program mudik gratis Natal ini.

Untuk mudik gratis kali ini Dishub Provinsi Sulteng menyiapkan sekitar 39 bus dengan total kuota 400 sampai 500 orang. Tujuan mudik gratis Palu-Banggai Laut, Palu-Banggai Kepulauan, dan Palu-Moutong, Palu-Poso, Palu-Tentena, Palu-Tojo Unauna, Palu-Banggai, Palu-Morowali, Palu-Morowali Utara, Palu-Tolitoli, dan Palu-Buol.

Sebelumnya, Sumarno mengungkapkan program mudik gratis cukup diminati masyarakat. Ini terbukti dari animo masyarakat mendaftarkan diri hari pertama pembukaan pendaftaran mudik gratis di Kantor Dishub Sulteng Jalan Kartini Palu, Senin, 9 Desember 2019.

Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Sulteng, Sumarno, mengungkapkan pendaftar mudik gratis hari pertama sekitar 100 orang. Para pendaftar mudik gratis tersebut didominasi tujuan Luwuk Banggai.

“Pendaftar mudik gratis dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, cukup ramai,” ujar Sumarno, Senin, 9 Desember 2019.

Pada mudik gratis Natal tahun 2018, Dishub Sulteng memberangkatkan sekitar 256 pemudik dengan menggunakan 32 unit bus. Adapun tujuan mudik gratis saat itu yakni Palu-Luwuk 56 orang, Palu-Tentena 48 orang, dan Palu- Morowali 32 orang. Kemudian Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Morowali Utara, Palu-Tolitoli, dan Palu-Buol masing-masing 24 orang. Sementara mudik gratis dalam momentum Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019, Dishub Sulteng juga memberangkatkan ratusan orang pemudik gratis. Tujuan mudik gratis Palu-Buol, Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Tentena, Palu-Morut, dan Palu-Morowali.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas