Home Sigi

Data Rumah Rusak Diajukan ke BNPB

169
TINJAU KULAWI - Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, (kedua dari kanan) didampingi Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola, M.Si (kedua dari kiri), Bupati Sigi Irwan Lapata, Karo Humas Pemprov Haris Kariming (kanan) meninjau bencana banjir dan tanah longsor di Bolapapu Kulawi, Sabtu, 14 Desember 2019. (Foto: Humas Pemprov)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pascabencana banjir bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, rumah warga yang terdampak rusaknya bervariasi. Ada rumah yang rusak ringan, sedang, serta berat.

Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos., M.Si mengatakan, pemerintah sudah menerima data rumah yang terdampak dan akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan. 

“Kita akan tindak lanjuti yang masuk tanggap darurat. Terus rumah-rumah yang rusak, rusak berat, sedang dan ringan yang terdampak bencana, tetap perlakuannya sama seperti saudara-saudara kita yang terkena bencana kemarin (gempa bumi dan likuefaksi) ini kita buatkan catatannya, dasarnya, aturanya. Insyaallah sudah di BNPB,” ungkap Moh Irwan di kantor Bupati Sigi, Senin, 16 Desember 2019.

Sementara itu, sisa-sisa material kayu, batu serta lumpur akibat banjir bandang yang terjadi di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi beberapa waktu lalu, mulai dibersikan. Warga yang sempat mengungsi, kini sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

“Kemarin di hari kedua saya di sana sudah ada yang kembali ke rumahnya. Tapi yang rumahnya rusak berat itu mereka tidak kembali ke rumahnya melainkan ke rumah keluarganya, tidak lagi di tempat penampungan,” kata Irwan.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas