Home Palu

Antisipasi Penculikan Anak, Kepsek-Guru Diimbau Tingkatkan Pengawasan

229
Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Mendengar informasi adanya kejadian yang diduga penculikan anak pada jam pulang sekolah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, mengimbau kepada seluruh kepala sekolah, baik itu jenjang TK/PAUD, SD maupun SMP di Kota Palu agar meningkatkan pengawasan terhadap peserta didiknya, di lingkungan sekolah, pada jam pulang sekolah, dan jam bermain.

“Kemudian kami mengimbau kepada para guru kelas masing-masing untuk berhubungan intensif dengan para orang tua peserta didik, sehingga terjadi komunikasi,” kata Ansyar, melalui ponselnya, Senin, 16 Desember 2019.

Selain itu, Ansyar menegaskan kepada kepsek, dewan guru, serta seluruh tenaga kependidikan agar jangan pulang sekolah lebih awal dari siswa. Artinya, jangan pulang dulu sebelum anak-anak semua dipastikan pulang dengan selamat di rumahnya.

“Saya mengigatkan kepada para kepsek agar memastikan peserta didiknya sudah pulang semua, dan telah di jemput oleh orang tuanya masing-masing,” ungkapnya.

Asnyar juga berharap, para penjaga sekolah seperti security dan lainnya, agar memaksimalkan fungsinya, jika perlu menjalin komunikasi dengan pihak orang tua peserta didik.

“Jadi kuncinya sebenarnya adalah maksimalkan pengawasan penjaga sekolah, guru kelas, serta memaksimalkan komunikasi dengan orang tua siswa, sehingga kita sudah memastikan anak didik sudah kembali ke rumahnya, ” ujarnya.

Ansyar mengatakan, kejadian penculikan anak di salah satu sekolah di Palu tersebut harus dijadikan pelajaran.

“Maka sekali lagi saya berharap, tingkatkan pengawasan dengan melibatkan guru kelas, penjaga sekolah, dan tenaga lainnya. Pastikan semua peserta didik sudah dijemput oleh orang tua, serta jalin komunikasi yang baik agar tidak terulang lagi kejadian penculikan anak, khususnya di waktu belajar dan dalam lingkungan sekolah,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas