Home Palu

MAN 2 Palu Giatkan Siswa Tanam Sayur dan Buah

745
TANAM - Sejumlah siswa saat menanam bibit sayur-sayuran dan buah-buahan di halaman MAN 2 Palu, Jumat pagi, 13 Desember 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Menindaklanjuti program Kementerian Pertanian RI yakni Pertanian Masuk Sekolah (PMS), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu melakukan penanaman sayur dan buah-buahan di halaman sekolah, Jumat pagi, 13 Desember 2019.

Mantan Ketua Badan Eksekutif Siswa MAN 2 Kota Palu, Abdurahman, mengungkapkan, program prioritas Menteri Pertanian pada enam bulan pertama melibatkan 68 sekolah dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Kata dia, di Sulawesi Tengah, MAN 2 Kota Palu adalah salah satu dari dua sekolah yang terpilih sebagai sasaran implementasi program tersebut. Menurutnya, alasan terpilihnya MAN 2 Kota Palu itu karena luasnya lahan tidur dalam kawasan madrasah, serta keberadaan beberapa orang guru yang berlatarbelakang ilmu pertanian.

“Peluncuran program PMS adalah sebagai salah satu upaya dalam membentuk ketahanan pangan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menarik minat generasi milenial di sektor pertanian. Dalam penerapannya, diharapkan siswa dapat memahami dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah regenerasi petani melalui materi pembelajaran mereka,” jelasnya.

Abdurahman mengatakan, penanaman sayur dan buah itu melibatkan semua siswa-siswi, dewan guru, dan unsur dinas terkait, seperti Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah dan lainnya.

Abdurahman mengatakan, Kepala MAN 2 Palu sangat menyambut baik dan merespon positif kegiatan itu. Bahkan kepsek berharap, kegiatan itu dapat menumbuhkan kebiasaan siswa mengonsumsi sayur dan buah hasil panen sekolah, sehingga dapat meningkatkan standar kecukupan konsumsi sayur di Indonesia.

“Kegiatan TANI MAS 2019 ini harus sukses dan berkelanjutan hingga tahun setelahnya dan mencapai tahap kemandirian, sebab kegiatan ini baru pertamakalinya dilaksanakan di MAN 2 Kota Palu, ” kata Abdurahman.

“Untuk jenis tanaman yang akan di tanam oleh para siswa adalah jenis buah buahan dan sayuran, ” ungkapnya.

Abdurahman menambahkan, kegiatan itu juga bertujuan untuk mengisi waktu kosong usai melaksankan kegiatan ujian semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.

“Kami berharap siswa-siswa di MAN 2 Kota Palu lebih semangat lagi dan termotivasi untuk melakukan kegiatan ini. Dalam menanam sayur dan buah-buahan pihak madrasah membagi lahan ke masing-masing kelas agar bisa diperlombakan, dan pemenangnya akan diberikan hadiah,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas