Home Sigi

Krisis Ekologis Picu Banjir Berulang di Sigi

252
SERAHKAN BANTUAN - Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Hj Nilam Sari Lawira SP MP (jilbab biru) saat meninjau lokasi banjir di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Sigi, Ahad 15 Desember 2019. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

  • Nilam: Harus Ada Langkah Terbaik Atasi Banjir Berulang

Sigi, Metrosulawesi.id – Krisis ekologis diduga kuat menjadi pemicu banjir berulang di sejumlah tempat di Kabupaten Sigi. Diperlukan solusi terbaik untuk mengatasi agar bencana itu tidak terjadi lagi.

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Hj Nilam Sari Lawira SP MP, berjanji akan segera melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk mengatasi krisis ekologis sungai di Kabupaten Sigi. Banjir berulang yang terjadi kabupaten itu harus dicarikan solusi terbaik untuk mengatasinya.

“Saya sudah lihat langsung kondisi sungai-sungai sepanjang jalan. Kondisinya sudah sangat memperihatinkan. Kita akan memanggil para pihak segera untuk melihat langkah terbaik yang akan kita ambil,” ujar Nilam Sari Lawira, di hadapan pengungsi Bolapapu, di sela-sela penyerahan bantuan sembako dan alat rumah tangga, Ahad 15 Desember 2019.

Menurut Nilam, pemukiman di sekitar sempadan sungai sangat ekstrem. Perlu ada kebijakan yang khusus yang terbaik bagi warga di sini.

“Kita sudah lihat dan akan kaji. Apakah perlu relokasi atau restorasi sungai. Semua itu memungkinkan. Dan yang pasti ini kasus berulang jadi harus ada sentuhan terbaik,” ujar Nilam Sari.

Di hadapan pengungsi Nilam menyerahkan sejumlah bantuan tanggap darurat. Perlengkapan rumah tangga, sembako dan pakaian wanita dan anak-anak.

“Bantuan yang saya bawa hari ini bersifat sementara. Nanti kita lihat kebijakan apa yang terbaik bagi daerah ini,” pungkasnya.

Musibah bencana alam banjir bandang, yang menerjang warga Dusun III, Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, pada Kamis 12 Desember 2019, menarik simpati dari berbagai pihak, mulai dari Pemerintah, TNI-Polri, Organisasi.

Kali ini giliran Ketua DPRD Provinsi, Sulawesi Tengah, yang meninjau langsung  lokasi banjir bandang yang terjadi pada Kamis 12 Desember 2019 itu, yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Nilam bersama rombongan Minggu 15 Desember 2019, turun langsung untuk melihat lokasi yang terdampak bencana sekaligus kegiatan pembersihan yang dilakukan anggota TNI-Polri, Satpol PP besama warga dan relawan, di lokasi bencana.

Pada kesempatan itu, Nilam menyampaikan duka yang mendalam atas musibah banjir bandang, dan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi untuk membantu membersihkan material longsor berupa lumpur dan batu-batu besar.

“Kita sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam membersihkan material longsor ini. Semoga dengan semangat kebersamaan ini kita dapat secepat mungkin menyelesaikan pembersihan ini semua,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar secepatnya material longsor dibersihkan dari dalam rumah warga, dan sekitarnya agar warga dapat kembali beraktivitas normal.

Sementara itu, Wakil Bupati Sigi, Paulina, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian dari Ketua DPRD Provinsi, beserta rombongan, yang telah menyempatkan untuk melihat langsung korban bencana banjir bandang.

“Terima kasih buat Ketua DPRD Provinsi beserta rombongan yang sdh menyempatkan diri melihat langsung warga kami, yang terdampak bencana,” ucapnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas