Home Palu

Dishub: CFD Masih Dievaluasi

148
Made Sudita. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, I Made Sudita, mengungkapkan Car Free Day (CFD) pasca dilaunching masih harus dievaluasi.

“Hari ini (kemarin,red) tidak ada CFD karena masih harus dievaluasi dulu,” ungkap Made kepada Metrosulawesi, Minggu, 15 Desember 2019.

Dia menerangkan evaluasi akan dilakukan bersama Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Sulteng. Rencananya rapat evaluasi akan digelar di Kantor Dishub Sulteng pada Selasa, 17 Desember 2019.

“Nanti kita putuskan apakah mau setiap minggu, setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali,” ucapnya.

Made menambahkan evaluasi sekaligus mencari tahu apakah CFD bermanfaat bagi masyarakat. Seperti diberitakan, Dishub Provinsi Sulteng telah melaunching hari bebas kendaraan bermotor atau CFD di jalur dua Jalan Moh. Yamin Palu, pada Minggu, 8 Desember 2019.

Made mengungkapkan CFD saat itu dilaunching Gubernur Sulteng melalui Kepala Dishub Provinsi Sulawesi Tengah, Sisliandy.

“Kita bersyukur launching hari bebas kendaraan bermotor atau CFD berjalan lancar dan tertib. Tadi CFD ramai karena bersamaan jalan santai dalam rangka Hari Ibu Nasional,” ungkap Sudita.

Seperti diketahui, sebelumnya telah dilakukan uji coba CFD di Jalan Moh. Yamin dan Balaikota atau sekitaran lapangan Vatulemo pekan lalu tepatnya pada Minggu, 1 Desember 2019.

Uji coba CFD saat itu melibatkan sekitar 69 personel terdiri atas pihak Kepolisian dan petugas Dishub provinsi/kota. Ide CFD ini tercetus melalui rapat LLAJ Provinsi Sulteng pada 8 November 2019.

Melalui rapat itu diputuskan rute CFD yaitu disebagian jalan Moh. Yamin Palu, tepatnya di kapsul depan rumah jabatan Gubernur Sirainindi hingga ke perempatan trafic light jalan Moh. Yamin, jalan Juanda, jalan Soekarno Hatta, dan jalan Veteran.

Kemudian lanjut mengitari lapangan Vatulemo yaitu jalan Balaikota, jalan Balaikota Selatan, dan jalan Balaikota Utara. Kedepan CFD rencananya akan berlangsung selama kurang lebih empat jam mulai pukul 06.00 WITA hingga 10.00 WITA. Selama CFD, arus lalu lintas kendaraan bermotor dialihkan ke jalan alternatif terdekat agar tidak melalui rute hari bebas kendaraan bermotor.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas