Home Palu

Dokter Gigi Kampanye Eliminasi Penggunaan Plastik

207
Para dokter gigi membagikan tas dan brosur dalam kampanye eliminasi penggunaan plastik di lapangan Vatulemo Palu, Minggu, 15 Desember 2019.(Foto: Syahril Hantono/ Metrosulawesi)

Palu,  Metrosulawesi.id – Para dokter gigi di Sulawesi Tengah  melakukan kampanye. Ini bukan kampanye politik. Juga bukan kampanye terkait profesi mereka, seperti mengajar masyarakat untuk selalu gosok gigi, tetapi kampanye terkait kesehatan lingkungan.

Kampanye bertemakan ”Eliminasi penggunaan plastik” digelar di lapangan Vatulemo Palu, Minggu 15 Desember 2019, pagi.. Kampanye tersebut merupakan program Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Sulawesi Tengah, yang sebelumnya menggelar seminar kedokteran gigi pada Jumat (13/12).

Sebelum kampanye, didahului dengan senam pagi bersama pada pukul 06.00 wita yang diikuti para dokter gigi dan anggota keluarganya. Pantauan Metrosulawesi.id, kampanye ditandai dengan pembagian tas serta brosur oleh para dokter gigi kepada warga yang berolah raga lari di pinggir lapangan. Pembagian tas itu disertai ajakan kepada warga untuk mengurangi sampah plastik serta tidak menggunakan plastik lagi.

Ketua PDGI Sulteng, Moh. Gazali Malik, drg Sp BM (K). MARS, mengatakan, kampanye eliminasi penggunaan plastik untuk mendukung program pemerintah terkait gerakan masyarakat hidup sehat. Menurutnya, mungkin PDGI menjadi organisasi pertama yang melakukan kampanye semacam itu, yang tak berkaitan dengan profesi dokter gigi.  Sebab masalah kesehatan lingkungan juga masalah kesehatan.

Usai kampanye dilanjutkan dengan diskusi interaktif bertemakan medikolegal bagi dokter gigi. Digelar di Kafe Kemang, diskusi menghadirkan dua narasumber yakni Kajati Sulteng Muhammad Rum dan Dosen Fakultas Hukum Untad, Abdul Rahman.

Menurut ketua panitia, drg Munawir H. Usman S.KG., M.A.P, diskusi itu untuk memberikan pemahaman hukum kepada para dokter gigi. Karena tidak jarang dalam menjalankan profesi dapat berdampak hukum.(*)

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas